Museum Paling Misterius, 10 Museum di Bawah Laut Termasuk di Indonesia Juga Lho Guys! Part II Banyak dari kita yang belum mengetahui jika Indonesia juga memiliki beberapa museum Horor bawah laut yang sudah pasti menjadi wajib masuk dalam daftar liburan Sobat. Penasaran, yuk langsung saja simak 10 museum horor bawah laut yang bisa menjadi pilihan wisata bahari Sobat berikut ini:

Museum Paling Misterius, 10 Museum di Bawah Laut Termasuk di Indonesia Juga Lho Guys! Part II

6. Museum Seni Bawah Air, Australia

Terletak di Great Barrier Reef tepatnya di Queensland Australia. Museum of Underwater Art atau MOUA masuk dalam nominasi LCD Berlin Awards 2021. Berada di kawasan Great Barrier Reef yang memang sudah terkenal dengan ekosistem terumbu karangnya yang sangat luas dan indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan adanya Great Barrier Reef saja, kawasan perairan ini sudah mengundang banyak penyelam dan wisatawan untuk datang kesini, apalagi jika museum bawah laut ini dibangun, tidak terbayang betapa bagus dan indahnya menyelam di perairan ini.

 

Baca Juga :
Museum Paling Misterius, 10 Museum di Bawah Laut Termasuk di Indonesia Juga Lho Guys! Part I

 

Di area ini Anda tidak hanya dapat menikmati patung bawah laut karya pematung terkenal, Jason deCaires Taylor, tetapi ada ikon patung “ocean siren”. Patung “Ocean Siren” merupakan hasil kolaborasi antara Jason deCaires Taylor dengan James Cook University Townsville dan Australian Institute of Marine Science. Yang menarik dari patung ini adalah patung ini dapat berubah warna sesuai dengan suhu laut. Selain untuk menyimpan keindahan patung ini juga berfungsi sebagai pengingat publik akan suhu laut di perairan Great Barrier Reef.

7. Parthenon of Underwater Museum, Yunani

Terletak di lepas pantai Alonissos di Yunani, terdapat museum bawah laut pertama di bawah laut di Yunani. Museum bawah laut ini menyimpan banyak barang bersejarah dari masa lalu Yunani. Di dalam museum terdapat bangkai kapal yang penuh dengan amphorae dari abad ke-5. Namun, tur ini hanya terbuka untuk penyelam bersertifikat, namun bagi wisatawan yang tidak bisa menyelam langsung ke perairan ini, Anda bisa mengikuti tur virtual di pusat informasi Kota Alonissos.

Amphorae adalah wadah yang terbuat dari keramik. Dahulu, amphorae merupakan wadah yang umum digunakan pada masa itu, biasanya sebagai wadah anggur. Kapal yang ditemukan bersamanya adalah kapal dagang besar yang tenggelam karena cuaca buruk. Kapal ini membawa berton-ton amphorae yang berisi anggur dari Yunani Utara dan Pulau Skopelos.

8. Museum Bawah Laut Buddha Garden, Indonesia

Terletak di daerah Nusa Ceningan, Bali, Indonesia, museum ini menyimpan berbagai patung Buddha dan stupa yang mirip kuil. Sebelumnya, daerah Nusa Ceningan terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan kakatua yang menarik perhatian wisatawan.

 

Baca Juga :
Daftar 7 Pulau Paling Horor dan Terlarang di Dunia, Jangan Coba-coba Kunjunginya Berbahaya!

 

Patung-patung yang ada di museum ini sengaja ditenggelamkan untuk menjadi rumah bagi berbagai ekosistem laut. Jadi, meskipun sengaja ditenggelamkan, kegiatan ini tidak akan merusak ekosistem di dalam laut. Namun bagi Anda yang berencana ke sana, Anda tetap harus menjaga kebersihan dan tidak merusak koleksi-koleksi yang ada di museum ini. Semua koleksi yang ada di museum ini merupakan hasil karya dari pengrajin seni lokal, yang mendedikasikan karya seninya untuk membantu memperbaiki ekosistem laut di daerah tersebut yang sempat rusak akibat penangkapan ikan dengan menggunakan bom. Bagi Anda yang hobi menyelam dan berencana ke Bali, jangan lupa untuk memasukkan museum ini ke dalam salah satu daftar liburan Anda.

9. Bangkai Kapal Boga, Indonesia

Satu lagi museum bawah laut Indonesia yang ada di Provinsi Bali adalah Boga Shipwreck. Museum ini terletak di daerah Karang Asem, Provinsi Bali, Indonesia. Boga Shipwreck sendiri terkenal dengan bangkai kapal yang ada di dalamnya. Tidak seperti museum bawah laut lainnya, bangkai kapal yang ada di museum bawah laut ini terbilang masih baru, yaitu pada tahun 2012. Bangkai kapal ini merupakan kapal kargo buatan Belanda. Memiliki panjang sekitar 40 meter yang berada di kedalaman pasir 16 – 39 meter.

 

Baca Juga :
Hi Teman Pemburu Hantu, Berani Uji Nyali? Ini Daftar 6 Tempat Wisata Angker di Surabaya

 

Sebagian besar bangkai kapal ini masih dalam keadaan utuh. Jika Anda seorang penyelam profesional, Anda dapat mencoba menyelam dan memasuki kapal ini. Menjelajahi kapal ini dengan menyelam merupakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan untuk Anda lakukan. Kapan lagi Anda bisa masuk dan menjelajahi kapal yang sudah tenggelam di dalam laut.

10. Sarang Burung Walet di Bask, Indonesia

Masih di Indonesia, kali ini kita beranjak ke Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Museum ini terletak di perairan yang tidak terlalu dalam dan dapat dicapai dengan berenang sebentar dari area pantai. Karya seni ini dibuat oleh pematung bawah laut terkenal Jason deCaires Taylor. Tidak hanya di luar negeri, Anda juga bisa menikmati karya Jason deCaires Taylor di Indonesia.

Patung yang indah ini terdiri dari 48 figur manusia dengan ukuran yang sama yang berbaris membentuk lingkaran. Menurut Jason deCaires Taylor, figur-figur tersebut disusun melingkar sebagai simbol gema lingkaran kehidupan dan patung ini akan segera diisi oleh kehidupan, yaitu kehidupan bawah laut.