Museum Paling Misterius, 10 Museum di Bawah Laut Termasuk di Indonesia Juga Lho Guys! Part I Pergi ke museum bisa menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk mengisi liburan Anda. Selain bersenang-senang, Anda juga bisa mendapatkan edukasi mengenai benda-benda atau sejarah yang ada di museum. Pilihan liburan ini sangat cocok untuk mengenal lebih jauh tempat yang Anda kunjungi. Tidak hanya sejarah dan koleksinya yang beragam, ada banyak museum unik yang menawarkan keindahan arsitektur dan ciri khas menarik lainnya. Salah satunya adalah museum bawah laut.

Museum bawah laut tidak hanya menawarkan koleksi tetapi juga berbagai kegiatan yang dapat dilakukan ketika mengunjungi museum tersebut. Dengan mengunjungi museum bawah laut, pengunjung dapat melakukan dua kegiatan yang menyenangkan, yaitu menyelam sambil menikmati koleksi museum. Selain itu, beberapa museum bawah laut juga turut melestarikan terumbu karang yang mulai rusak. Terumbu karang juga menjadi rumah bagi beberapa ikan hias dan memiliki keindahan tersendiri yang membuat kawasan perairan tersebut menarik untuk dikunjungi. Museum bawah laut dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan wisata bahari sekaligus membantu melestarikan ekosistem bawah laut.

Banyak dari kita yang belum mengetahui jika Indonesia juga memiliki beberapa museum bawah laut yang wajib masuk dalam daftar liburan Anda. Penasaran, yuk langsung saja simak 10 museum bawah laut yang bisa menjadi pilihan wisata bahari Anda berikut ini:

Museum Paling Misterius, 10 Museum di Bawah Laut Termasuk di Indonesia Juga Lho Guys! Part I

1. Museum Atlantico Lanzarote, Spanyol

adalah museum bawah laut pertama di Eropa. Museum ini terletak di perairan Samudera Atlantik di Cagar Biosfer Unesco Lanzarote. Jason deCaires Taylor adalah seorang seniman asal Inggris, lahir di Dover pada 12 Agustus 1974. Atlantico Lanzarote Museum tidak hanya menjadi salah satu museum yang memajang karya-karya indah dari Jason deCaires Taylor, namun ada satu lagi museum yang juga memajang koleksinya yaitu M.U.S.A. (Museo Subacuático de Arte).

 

Baca Juga :
Daftar 7 Pulau Paling Horor dan Terlarang di Dunia, Jangan Coba-coba Kunjunginya Berbahaya!

Koleksi seniman asal Inggris ini terbuat dari beton ramah lingkungan yang dapat menjadi rumah bagi ekosistem bawah laut. Patung-patung yang dipamerkan di museum ini mencakup penggambaran kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu patung yang paling menarik di museum bawah laut ini adalah patung berjudul “The Rubicon” yang menggambarkan 35 manusia yang sedang berjalan di bawah ombak.

2. M.U.S.A. (Museo Subacuático de Arte), Meksiko

Museum ini merupakan museum bawah laut terbesar di dunia saat ini. Terletak di kedalaman 9 meter di daerah Cancun, museum ini menampilkan lebih dari 400 koleksi indah dari beberapa seniman, salah satunya Jason deCaires Taylor. Patung-patung karya seniman ini ditanam secara permanen di bawah laut Cancun dan menjadi rumah bagi berbagai ekosistem laut. Museum ini dibentuk atas dasar seni dengan konsep pelestarian lingkungan, khususnya ekosistem laut. Dengan adanya museum ini, kawasan perairan Cacun yang sebelumnya terkenal memiliki pantai-pantai yang indah juga menjadi daya tarik yang sangat sayang jika dilewatkan bagi para pelancong yang menyukai wisata bahari, khususnya kegiatan menyelam. Di dalam museum bawah laut ini menyajikan berbagai macam bentuk pahatan termasuk bentuk manusia, bom, bahkan rumah.

3. Museum Jejak Kapal Karam, Florida

Museum Paling Misterius , Ikon yang menarik dari museum bawah laut ini adalah adanya jejak-jejak kapal karam bersejarah di museum bawah laut ini. Kapal tersebut tersebar di sepanjang terumbu karang di perairan dangkal berpasir. Terdapat sembilan kapal di sepanjang area perairan tersebut. Kesembilan kapal ini memiliki sejarah dan cerita yang beragam dan menjadi saksi bisu sulitnya mengarungi perairan ini pada masa itu. Salah satu cerita kapal yang terkenal di museum ini adalah kapal milik San Pedro yang berangkat dari Kuba menuju wilayah Spanyol pada tahun 1733. Hal yang menarik dari kapal San Pedro ini adalah ditemukannya beberapa barang bersejarah dan berharga, seperti koin perak Meksiko dan peti mati yang terbuat dari porselen Cina. Kapal ini ditemukan oleh para pemburu harta karun pada tahun 1960.

 

Baca Juga :
Hi Teman Pemburu Hantu, Berani Uji Nyali? Ini Daftar 6 Tempat Wisata Angker di Surabaya

Ada pemandu bawah air untuk semua yang ada di Shipwreck Trail. Selain menjelajahi situs-situs bersejarah di museum bawah laut ini, pengunjung juga dapat menikmati kehidupan bawah laut yang mungkin ditemui penyelam saat menyelam di perairan ini. Oleh karena itu, tak heran jika museum yang satu ini ramai pengunjung dan bisa menjadi rekomendasi museum bawah laut yang bisa Anda jelajahi.

4. Museum militer bawah laut aqaba, Yordania

Museum bawah laut berikutnya adalah museum militer bawah laut. Terletak di lepas pantai Aqaba, Laut Merah, pemerintah Yordania membangun museum militer bawah laut pertamanya. Yordania menenggelamkan beberapa kendaraan militer, yaitu tank, kendaraan pengangkut pasukan, dan helikopter di lepas pantai Aqaba. Kendaraan-kendaraan ini disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai formasi pertempuran. Kurang lebih ada 19 kendaraan yang sudah tidak aktif yang dipamerkan di museum bawah laut ini.

Museum ini menawarkan pengalaman museum bawah laut yang berbeda dengan museum bawah laut lainnya. Diharapkan keunikan dari museum ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke museum bawah laut militer di Yordania ini. Dengan mengunjungi museum ini pengunjung juga disuguhkan dengan pengalaman dan pemandangan terumbu karang Laut Merah.

5. Taman Arkeologi Bawah Air Baia, Italia

Museum ini terletak di Via Laacullo Italia. Keunikan dari museum ini adalah menawarkan pengalaman menyelam ke masa lalu untuk melihat sisa-sisa keindahan resor kuno yang terkenal pada masa Kekaisaran Romawi. Resor kuno ini tenggelam karena letusan Gunung Vesuvius, tidak seperti kebanyakan gempa bumi yang bergerak secara horizontal, bradyseism membuat tanah bergerak secara vertikal dari atas ke bawah sehingga menyebabkan resor kuno ini tenggelam.

Museum ini memiliki 5 tempat menyelam unggulan yaitu, “Portus Julius”, “Secca delle fumose”, “Ninfeo di Claudio”, “Villa dei Pisoni” dan “Villa a Protiro”. Namun, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Ninfeo di Claudio karena penyelam dapat mengagumi nymphaeum tempat Kaisar Romawi Claudius biasa bersantai.