Tanggapan Ganjar Pranowo Didakwa Nakal Oleh TKN Prabowo-Gibran. Team Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengatakan, ada kekuatan sangkaan manipulasi pemilu yang sudah dilakukan tim palson 01 Anies Baswedan atau paslon nomor 03 Ganjar Pranowo.

Menyikapi hal itu, Ganjar Pranowo memandang dakwaan faksi 02 salah alamat, karena yang sering dan jadi korban manipulasi ialah faksinya. Dia memberikan contoh banyak baliho Ganjar- Mahfud yang lenyap walau baru terpasang.

Curangnya di mana? Gambarnya Ganjar Mahfud kok (yang) lenyap,” kata Ganjar di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1/2024).

Disamping itu, Ganjar menyikapi masalah dakwaan faksi 02 yang mengatakan kekuatan manipulasi ada dari Menkopklhukam Mahfud MD yang buka posko aduan manipulasi pemilu.

Dia memperbandingkan bagaimana menteri simpatisan Ganjar malah tidak pernah datang di diskusi, berlainan dengan menteri simpatisan 02 selalu datang.

“Kan tidak apapun toh (membuka posko). Beberapa menteri lainnya jika tiap diskusi berada di belakangnya. Menteri PDI Perjuangan tidak pernah. Itu penjaga fair, sebelumnya pernah saya minta mari donk tiba,” katanya.

Awalnya, Wakil Ketua TKN Habiburokhman menjelaskan ada 16 kasus sangkaan manipulasi itu pada 16 kasus. Berikut sejumlah contoh sangkaan manipulasi:

Pertama, Menko Polhukam diperhitungkan buka aduan pelanggaran pemilu di dalam kantor Kemenko Polhukam hingga mempunyai potensi ada penyimpangan kuasa atau abuse of power yang bisa memunculkan perselisihan kebutuhan dalam kedudukannya sebagai Menko Polhukam dan keperluannya sebagai Calon wakil presiden.

Tanggapan Ganjar Pranowo Didakwa Nakal Oleh TKN Prabowo-Gibran

Tanggapan Ganjar Pranowo Didakwa Nakal Oleh TKN Prabowo-Gibran

Diketahui instansi pelaksana pemilu yang bekerja memantau penyelenggaraan pemilu, terima aduan, dan tangani pelanggaran administrasi dan pidana Pemilu di Indonesia ialah Bawaslu.

Dua, sangkaan kasus rekaman audio Bupati Majalengka Karena Sobahi yang sudah memobilisasi PPPK dan petinggi yang berdinas beberapa OPD, pada tempat di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka untuk memenangi calon presiden Ganjar Pranowo sudah dicheck oleh Bawaslu Kab. Majalengka dan perlakuan Bupati Majalengka itu dipastikan menyalahi Pasal 283 UU Pemilu.

Ke-3 , Hamonangan Laoly (Menteri Hukum dan HAM dan merangkap sebagai sisi dari Team Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dengan kedudukan sebagai Dewan Penasehat dan Kader dari PDIP).

Capres (calon presiden) nomor urut 1 Anies Baswedan mendapatkan teror pembunuhan di sosial media. Pengancam tuliskan akan tembak kepala Anies Baswedan.

Menyikapi ada teror itu, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memperjelas jangan ada ancam-mengancam dalam pemilu. Dia mengingati jika Indonesia ialah negara demokrasi. Diamkan masyarakat dapat pilih secara baik,” kata Ganjar Pranowo selesai berziarah ke pusara Gus Dur, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).