Hasil Pertandingan Borussia Dortmund vs Atletico Madrid: Skor 4-2 Borussia Dortmund tampil tangguh untuk mengalahkan Atletico Madrid dengan skor telak 4-2. Kedua tim berlaga dalam duel leg kedua babak perempat final Liga Champions 2023/2024, Rabu (17/4/2024) dinihari WIB.

Bermain di Signal Iduna Park, Dortmund mengincar kemenangan untuk mengejar ketertinggalan agregat. Pekan lalu, mereka kalah dengan skor 1-2 dalam lawatan ke Metropolitano.

Hasil Pertandingan Borussia Dortmund vs Atletico Madrid: Skor 4-2

Pertandingan berlangsung terbuka sejak menit awal. Terjadi hujan enam gol dalam pertandingan ini. Atletico memberikan perlawanan dengan baik, namun Dortmund lebih efisien.

Empat gol Timnas Dortmund dicetak oleh Pemain Pertama Julian Brandt (34′), Pemain Kedua Ian Maatsen (39′), Pemain Ketiga Niclas Fullkrug (71′), dan Pemain Keempat Marcel Sabitzer (74′). Sementara Atletico sempat membalas melalui gol bunuh diri Mats Hummels (49′) dan Angel Correa (64′).

Kemenangan 4-2 di kandang sendiri membawa Dortmund mengamankan agregat 5-4. Atletico pun tersingkir. Dortmund lolos ke semifinal Liga Champions 2023/2024.

Babak pertama

Dortmund langsung mengambil inisiatif serangan begitu pertandingan dimulai. Sabitzer mendapat peluang menembak pada menit ke-3, namun masih terlalu lama menahan bola. 15 menit berlalu.

Atletico tampak bermain lebih bertahan dalam pertandingan ini. Mereka unggul secara agregat. Wajar jika anak asuh Diego Simeone bermain aman. 30 menit berlalu.

Pada menit ke-34, Dortmund akhirnya memecah kebuntuan. Skema serangan yang dibangun secara perlahan, Hummels melepaskan umpan lambung ke lini serang. Brandt mengontrol bola, melewati Witsel, dan melepaskan tembakan mendatar. Gol! Dortmund 1-0 Atletico.

Pada menit ke-39, Dortmund menggandakan keunggulan mereka. Sebuah skema lemparan ke dalam, Sabitzer mengirim umpan terobosan kepada Maatsen di dalam kotak penalti. Sudut sempit, Maatsen masih bisa menembakkan bola dengan akurat. Gol! Dortmund 2-0 Atletico.

Babak kedua

Pertandingan dimulai kembali dengan sejumlah pergantian pemain dari tim tamu. Atletico melakukan tiga pergantian pemain sekaligus untuk memasuki babak kedua.
Pada menit ke-49, Atletico mendapatkan gol balasan yang tak terduga. Mats Hummels berusaha menghalau bola sundulan Hermoso, namun justru membelokkan bola ke dalam gawangnya sendiri. Gol! Dortmund 2-1 Atletico.

Menit ke-64, Atletico menyamakan kedudukan. Tendangan Riquelme berhasil diblok Kobel, namun bola kembali ke Correa yang siap menembak. Gol! Dortmund 2-2 Atletico.

Menit ke-71, Dortmund kembali unggul. Skema serangan cepat dari sisi kiri. Umpan silang Sabitzer disambut sundulan keras Fullkrug. Gol! Dortmund 3-2 Atletico.
Menit ke-74, Dortmund menjauh. Pergerakan Brandt bisa dihentikan lawan, namun bola kemudian disambar Sabitzer di tepi kotak penalti, diteruskan dengan tendangan mendatar. Gol! Dortmund 4-2 Atletico.

Setelah itu, Dortmund mengubah gaya permainan mereka untuk mengamankan skor. Tidak ada perubahan yang terjadi. Skor akhir 4-2. Agregat 5-4 untuk keunggulan Dortmund.

Susunan pemain

DORTMUND (4-2-3-1): Kobel; Maatsen, Schlotterbeck, Hummels, Ryerson; Emre Can, Sabitzer; Adeyemi (66′ Bynoe-Gittens), Brandt, Sancho (86′ Ozcan); Fullkrug

Pelatih Edin Terzic

ATLETICO (3-5-2): Oblak; Hermoso, Gimenez, Witsel; Azpilicueta (46′ Riquelme), De Paul (84′ Saul), Koke, Llorente, Molina (46′ Barrios); Griezmann, Morata (46′ Correa)

Pelatih Diego Simeone