5 Pelajaran dari Kekalahan Tragis Barcelona atas PSG Barcelona secara tragis harus tersingkir dari ajang Liga Champions 2023/2024 setelah kalah dengan skor 1-4 dari PSG pada pertandingan leg kedua perempat final di Estadio Olimpic Lluis Companys, Rabu (17/4/2024) dinihari WIB.

Barca sebenarnya menatap duel ini dengan bermodalkan kemenangan 3-2 di markas PSG pada leg pertama pekan lalu. Bahkan, tuan rumah mampu unggul cepat lewat gol Raphinha pada menit ke-12.

Petaka bagi Barca datang pada menit ke-29 ketika Ronald Araujo melanggar Bradley Barcola yang berpeluang mencetak gol. Wasit Istvan Kovacs pun tak ragu mengganjar Araujo dengan kartu merah.

5 Pelajaran dari Kekalahan Tragis Barcelona atas PSG

Keunggulan jumlah pemain benar-benar mampu dimanfaatkan PSG. Setelah sempat menyamakan skor lewat gol Ousmane Dembele, PSG berbalik unggul berkat gol Vitinha. Skor agregat kini sama kuat 4-4.

PSG semakin di atas angin setelah Kylian Mbappe mencetak gol melalui eksekusi penalti setelah Dembele dilanggar di kotak terlarang. Mbappe kembali menggetarkan gawang tuan rumah di penghujung pertandingan.

Skor 4-1 untuk keunggulan PSG menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Berkat hasil ini, PSG pun berhak lolos ke babak semifinal untuk berhadapan dengan Borussia Dortmund yang sukses menyingkirkan Atletico Madrid berkat kemenangan agregat 5-4.

Tinta emas Lamine Yamal yang ternoda

Barca sejatinya memulai pertandingan ini dengan meyakinkan.

Akselerasi Yamal dari sisi kanan diakhiri dengan umpan crossing yang berhasil dicocor Raphinha menjadi gol. Yamal pun mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang memberikan assist di laga fase gugur Liga Champions (16 tahun 278 hari).

Sayangnya, penampilan apik Yamal harus berakhir pada menit ke-34.

Ronald Araujo adalah sang penyerang

Tak salah jika dikatakan bahwa faktor utama kekalahan Barca dari PSG kali ini adalah kartu merah yang didapat Araujo.

Araujo gagal mengawal Barcola yang lolos dan tinggal berhadapan dengan kiper. Dengan ceroboh, Araujo memutuskan untuk mendorong Barcola sesaat sebelum masuk ke dalam kotak penalti.

“Saya rasa PSG harus berterima kasih kepada Araujo atas kartu merah tersebut,” ujar Rio Ferdinand kepada TNT Sports seusai pertandingan.

Kartu merah itu mengubah permainan. Itu benar-benar membuat permainan tidak terkendali.

“Saya pikir, pada saat itu, Barcelona adalah tim yang akan lolos. Namun, setelah kartu merah itu terjadi, Anda harus mengatakan, tidak selalu semudah yang terlihat, PSG.

Ousmane Dembele menjadi pembeda

Salah satu pemain PSG yang tampil paling mengesankan dalam pertandingan ini adalah Ousmane Dembele. Tidak hanya mencetak satu gol, ia juga berkontribusi dalam memberikan timnya hadiah penalti yang dituntaskan menjadi gol oleh Mbappe.

Menariknya, satu gol yang dicetaknya itu membuat Dembele kini tercatat sudah dua kali sukses membobol gawang Barca di babak gugur Liga Champions. Jumlah tersebut sama dengan koleksi gol Dembele di fase gugur Liga Champions selama membela Barca.

Dembele pun sukses menjawab cemoohan yang didapatnya saat kembali ke Barca dengan menyuguhkan performa gemilang yang membuatnya dianugerahi gelar pemain terbaik.

Antiklimaks dari Xavi

Musim yang tampaknya menjadi musim terakhir Xavi di kursi kepelatihan Barca semakin antiklimaks. Bukan hanya karena Barca tersingkir, tapi juga karena kartu merah yang didapatnya di babak kedua.

Kepemimpinan wasit dalam pertandingan ini benar-benar membuat Xavi frustasi. Pemain berusia 44 tahun ini tidak bisa menahan amukannya dan menendang papan di pinggir lapangan yang membuatnya mendapatkan kartu merah.

Sebelum pertandingan ini, Barca telah gagal memenangkan Piala Super Spanyol dan Copa del Rey. Dengan posisi di La Liga yang sulit untuk dikejar oleh Real Madrid, Barca kemungkinan besar akan tanpa gelar musim ini.

Kylian Mbappe merajut sebuah mimpi

Dua gol tersebut membawa Mbappe memuncaki daftar top skorer UCL musim ini dengan koleksi 8 gol.

Kemenangan atas Barca juga membuat Mbappe terus merajut mimpinya untuk membawa PSG menjuarai Liga Champions. Setelah gagal di tahun 2021 lalu, kini dia akan kembali mencoba mewujudkan mimpi tersebut.

Di musim yang hampir dipastikan menjadi musim terakhir Mbappe bersama PSG, menjuarai Liga Champions jelas akan menjadi perpisahan terindah.

Hasil dan Jadwal Leg 2 Liga Champions

Rabu, 17 April 2024
02:00 WIB – Borussia Dortmund 4-2 Atletico Madrid (Brandt 34′, Maatsen 39, Fullkrug 71′, Sabitzer 74′; Hummels 49′ (GBD), Correa 64′) Agg. 5-4
02:00 WIB – Pemain Barcelona 1-4 PSG (Raphinha 12′; Dembele 40′, Vitinha 54′, Mbappe 61′, 89 ‘) Agg. 4-6

Kamis, 18 April 2024
02:00 WIB – Pemain Bayern Munchen vs Arsenal – Champions TV 2, Vidio
02:00 WIB – Manchester City vs Real Madrid – SCTV, Vidio