9 bulan bergabung di Inter Miami, Lionel Messi hasilkan Rp. 700 M! Keputusan Lionel Messi bergabung dengan Inter Miami diyakini bukan hanya karena faktor olahraga semata. La Pulga juga diyakini mempertimbangkan alasan keluarga dan finansial.

Lionel Messi meninggalkan PSG begitu musim 2022/2023 berakhir. Sempat mendapat tawaran dari Arab Saudi dan beberapa klub top Eropa, Messi memutuskan untuk menandatangani kontrak yang berdurasi sampai Desember 2025 bersama Inter Miami.

9 bulan bergabung di Inter Miami, Lionel Messi hasilkan Rp. 700 M!

Inter Miami menjanjikan Messi sebuah proyek olahraga yang menarik. Pasalnya, sebagai klub baru, Inter Miami memiliki ambisi besar dan itu dibuktikan dengan upaya membawa ‘gerbong’ eks Barcelona untuk menemani Messi.

Faktor keluarga juga membuat Messi memilih Inter Miami. Ia merasa kehidupan di Amerika Serikat sangat cocok untuk keluarganya. Kemudian, faktor finansial juga menjadi pertimbangan.

Berapa banyak uang yang dikantongi Lionel Messi?

Lionel Messi pindah ke Inter Miami dengan status bebas transfer. Namun, dia menerima bonus sebesar 8,4 juta dolar AS untuk transfer ini. La Pulga kemudian mendapatkan gaji sebesar $12 juta per tahun.

Namun, dikutip dari El Pais, pemasukan terbesar Messi bukan dari gaji. Messi memiliki kesepakatan khusus dengan Adidas dan Apple TV. Pemain asal Argentina tersebut akan mendapatkan bagian dari setiap penjualan kaos Adidas dan paket khusus Apple TV.

Dari dua sumber tersebut, Messi kabarnya bisa mendapatkan penghasilan hingga $60 juta per tahun.

Messi, Inter Miami, dan MLS sama-sama untung!

Kedatangan Lionel Messi memberikan dampak besar bagi Major League Soccer (MLS). Jumlah penonton mereka melonjak. Tiket pertandingan yang melibatkan Lionel Messi terjual habis meskipun harganya naik. Jumlah pelanggan di Apple TV juga meningkat.

Selain itu, Inter Miami juga mendapat banyak pemasukan dari serangkaian uji coba pramusim yang mereka lakukan.

Sementara itu, dari segi performa, Messi masih cukup prima. Meski sempat absen beberapa kali karena cedera, Messi mampu membuat delapan gol dan enam assist dari 15 pertandingan resmi yang dilakoni bersama Inter Miami.