Selamat Qatar Atas Juara Piala Asia 2023, Juara Beruntun! Amazing Shoot~ Tim nasional Qatar kembali menahbiskan diri sebagai penguasa Asia. Setelah menjuarai Piala Asia 2019 lalu, Qatar kini sukses mempertahankan gelar tersebut setelah menjadi juara Piala Asia 2023.

Akram Afif memborong tiga gol kemenangan Qatar yang semuanya tercipta lewat eksekusi penalti.

Tidak hanya menjadi juara, Qatar juga mendapatkan penghargaan tim Fair Play. Sementara itu, Meshaal Barsham dianugerahi gelar kiper terbaik, dan Akram Afif memborong dua penghargaan, yakni pemain terbaik dan top skor dengan delapan gol.

Selamat Qatar Atas Juara Piala Asia 2023, Juara Beruntun! Amazing Shoot~

Fase Grup

Qatar tidak menampilkan performa yang benar-benar luar biasa di fase grup. Namun, tim asuhan Tintin Marquez ini menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan tiga pertandingan fase grup tanpa kebobolan.

Pertahanan yang kokoh menjadi aset Qatar di turnamen ini.

Qatar 3-0 Lebanon

Pada pertandingan pertama fase grup, Qatar langsung unjuk gigi dengan penampilan yang meyakinkan. Bermain di depan pendukungnya sendiri, mereka mengalahkan Lebanon dengan skor telak 3-0. Tiga gol untuk tiga poin pertama.

Tajikistan 0-1 Qatar

Pada pertandingan kedua, Qatar mengalami kesulitan saat menghadapi Tajikistan, tim debutan yang akhirnya melaju ke perempat final. Pertandingan berlangsung alot, namun gol tunggal Akram Afif di menit ke-17 mampu diamankan oleh Qatar hingga waktu normal. Mereka menjadi salah satu negara pertama yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Qatar 1-0 China

Pada pertandingan ketiga fase grup, Qatar sebenarnya bisa bermain lebih tenang. Mereka sudah memastikan satu tiket ke babak 16 besar, sehingga rotasi pemain bisa dilakukan. Menghadapi China, gol tunggal Al Hassan Al Haydos berhasil memukau para pendukung tuan rumah dan menjaga rekor sempurna Qatar di fase grup.

Babak 16 besar

Qatar 2-1 Palestina

Qatar harus menghadapi Palestina di babak 16 besar. Bukan lawan yang mudah, apalagi ini merupakan kali pertama bagi Palestina lolos ke babak 16 besar.

Terbukti, Palestina sempat unggul lebih dulu, namun Qatar berhasil memaksimalkan momentum serangan. Mereka mencetak gol penyeimbang di akhir babak pertama, lalu mencetak gol kemenangan di awal babak kedua.

Babak perempat final

Qatar 1-1 Uzbekistan (Pen. 3-2)

Uzbekistan bisa disebut sebagai lawan terberat bagi Qatar di Piala Asia 2023 sejauh ini. Berhadapan dengan Uzbekistan di babak perempat final benar-benar menguji kualitas dan mentalitas skuat Qatar.

Qatar sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Al Haydos pada menit ke-27, namun Uzbekistan bisa menyamakan kedudukan di babak kedua. Skor 1-1 bertahan hingga akhir 120 menit, pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Begitu masuk ke babak adu penalti, kekuatan kedua tim dapat dikatakan berimbang, belum lagi mempertimbangkan faktor keberuntungan. Dua penendang Qatar gagal, nyaris tersingkir, namun kemudian dua penendang terakhir Uzbekistan juga gagal.

Babak Semifinal

Iran 2-3 Qatar

Mungkin pertandingan Iran vs Qatar di babak semifinal layak dinobatkan sebagai pertandingan terbaik di Piala Asia 2023 sejauh ini. Kedua tim benar-benar bermain maksimal, menyuguhkan pertandingan level atas.

Jual beli serangan terus terjadi selama 90 menit. Kedua tim silih berganti mencetak gol. Iran sempat unggul 1-0, namun Qatar membalikkan kedudukan menjadi 1-2.

Iran menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan mendapatkan momentum untuk terus menyerang. Nah, di tengah gempuran tersebut, Qatar justru mencuri gol pada menit ke-82. Skor akhir 2-3, Qatar ke final.

Final

Yordania 1-3 Qatar

Yordania dan Qatar mencoba tampil agresif sejak awal pertandingan. Namun, Qatar menjadi tim yang lebih mendominasi penguasaan bola dan lebih banyak mengancam pertahanan lawan.

Qatar memimpin 1-0 hingga turun minum berkat gol penalti Akram Afif.

Qatar pun kembali unggul, lagi-lagi melalui tendangan penalti Afif, dan tendangan 12 pas ketiga di masa injury time memastikan Qatar menjadi juara dengan kemenangan 3-1.

Pencetak Gol Terbanyak Piala Asia 2023

8 Gol – Akram Afif (Qatar)

6 Gol – Aymen Hussein (Irak)

4 Gol – Ayase Ueda (Jepang), Yazan Al-Naimat (Yordania)

3 Gol – Lee Kang-in (Korea Selatan), Oday Dabbagh (Palestina), Mehdi Taremi (Iran), Son Heung-min (Korea Selatan), Musa Al-Tamari (Yordania), Hassan Al-Haydos (Qatar)

2 Gol – Pemain Takumi Minamino (Jepang), Mahmoud Al-Mardi (Yordania), Supachai Chaided (Thailand), Jackson Irvine (Australia), Sultan Adil (Uni Emirat Arab), Yahya Al-Ghassani (Uni Emirat Arab), Martin Boyle (Australia), Pemain Mehdi Ghayedi (Iran), Omar Khribin (Suriah), Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Azizbek Turgunboev (Uzbekistan), Craig Goodwin (Australia), Almoez Ali (Qatar), Sardar Azmoun (Iran), Alireza Jahanbakhsh (Iran).