Hi Lovers, Nih Rekomended 6 Oleh-oleh Khas Manokwari, Papua Barat Super Enak Lho Guys! Manokwari dikenal sebagai salah satu kota yang terletak di Provinsi Papua Barat. Daerah ini tidak hanya dikenal menawarkan banyak tempat wisata, tapi juga beragam kuliner yang lezat. Oleh karena itu, tak heran jika Manokwari kerap dipilih sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur. Puas berlibur di daerah Manokwari, tak ada salahnya jika Anda pulang membawa buah tangan. Tak perlu bingung, berikut ini adalah daftar 6 rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang populer dan menarik untuk Anda coba.

Hi Lovers, Nih Rekomended 6 Oleh-oleh Khas Manokwari, Papua Barat Super Enak Lho Guys!

1. Abon Gulung

Hi Lovers Nih Rekomended Abon gulung dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang bisa Anda coba. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena memiliki kemasan yang praktis dan menarik. Sesuai dengan namanya, abon gulung memiliki tampilan berupa roti yang digulung dengan isian berupa abon, daging cincang, dan daun bawang. Selain isiannya yang lezat, roti ini juga memiliki topping seperti wijen, keju, dan kacang kenari.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat berburu abon di Manokwari adalah Hawai Bakery. Di toko yang satu ini, Anda bisa mencoba kelezatan abon dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan. Selain itu, abon gulung khas Manokwari ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp13.000 per gulung. Anda bisa mencoba sajian lezat ini dengan datang ke Jalan Jenderal Sudirman nomor 100. Rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut membuat kue ini cocok dinikmati oleh semua kalangan.

2. Buah Merah

Tak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Manokwari yang bisa dibawa pulang, Anda bisa memutuskan untuk membeli atau berburu buah merah. Buah merah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh yang populer dan banyak diburu wisatawan yang datang ke daerah Manokwari. Buah ini banyak tumbuh di sekitar Manokwari, Timika, Nabire, Jayapura, Ayamaru Sorong, dan juga Jayawijaya.

Terlepas dari penampilannya yang unik, siapa sangka buah merah ji ka ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Konon buah ini dipercaya dapat membantu melawan kanker seperti kanker serviks, kanker payudara, dan juga paru-paru. Masyarakat lokal biasanya mengkonsumsi buah merah dengan cara dimakan langsung atau diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Selain membeli buahnya, Anda bisa membeli buah merah dalam bentuk minyak atau jus yang biasanya dikemas dalam botol. Saat berkunjung ke Manokwari, tidak ada salahnya bagi Anda untuk berburu buah merah sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Keripik Keladi

Keripik keladi menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang tidak boleh Anda coba. Sesuai dengan namanya, keripik ini dibuat dengan menggunakan bahan utama umbi keladi. Talas yang berkualitas baik akan diolah dengan berbagai bumbu tambahan seperti bawang putih, gula, cabai rawit, dan juga garam.

Umbi talas diolah dengan cara digoreng hingga kering. Saat mencobanya, Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan rasa yang gurih namun juga tekstur yang renyah. Tak sedikit masyarakat lokal maupun wisatawan yang menggemari camilan ini. Keripik talas juga biasa dijual dalam kemasan yang praktis, sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Manokwari.

Anda tentu tidak perlu khawatir karena keripik talas dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp25.000 per 250 g. Karena kelezatannya, keripik yang satu ini juga digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Batik Papua

Selain makanan, Anda juga bisa membeli batik Papua sebagai oleh-oleh khas Manokwari untuk dibawa pulang. Batik Papua tentunya memiliki motif dengan ciri khas yang berbeda dengan daerah lain. Yang menjadi daya tarik utama adalah motif burung cendrawasih khas suku Asmat. Selain motifnya yang unik, batik Papua juga dikenal memiliki warna-warna yang mencolok. Warna terakota dan warna tanah menjadi warna khas batik Asmat.

Anda juga bisa memilih banyak jenis batik yang ditawarkan mulai dari batik tulis hingga batik printing. Keberadaan batik tradisional Papua dan juga batik kontemporer dengan desain yang menarik tentu sayang untuk Anda lewatkan.

Untuk harga, batik Papua dibanderol dengan harga yang cukup beragam tergantung dari jenis kain dan tingkat kesulitan pembuatan batik. Saat berkunjung ke daerah Manokwari, tak ada salahnya jika Anda membeli batik dalam bentuk lembaran atau siap pakai seperti pakaian. Sangat menarik, bukan?

5. Noken

Suvenir Manokwari yang populer berikutnya adalah noken. Noken adalah tas tradisional yang cukup populer dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. Jika biasanya tas dijinjing dengan tangan, namun noken harus dibawa dengan cara disampirkan di atas kepala. Sangat unik, bukan?

Noken dibuat dari serat kulit pohon manduam atau yang biasa disebut dengan anggrek hutan. Meski terlihat cukup sederhana, namun sebenarnya noken dibuat dengan banyak pilihan motif. Dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk membuat satu tas noken.

Tas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya. Tas unik ini tentu sayang untuk tidak dibeli saat Anda berkunjung ke Manokwari.

6. Kopi Arfak

Dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Manokwari yang sayang untuk tidak Anda bawa pulang. Kopi ini dikenal sangat khas dan hanya didapatkan dari pegunungan Arfak. Konon, kopi Arfak merupakan kopi peninggalan kolonial Belanda.

Di Manokwari, kopi arfak cukup sulit ditemukan. Namun hal tersebut tidak akan menghentikan Anda untuk berburu kopi arfak. Daerah sekitar Pegunungan Arfak adalah lokasi di mana Anda bisa dengan mudah menemukan kopi jenis ini. Karena memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan kopi lainnya, tak heran jika kopi arfak banyak diburu, terutama bagi para pecinta kopi.