Hi Pecinta Olahraga, Nih 5 Manfaat Senam Pilates yang Sangat Bagus Buat Kesehatan Lho Guys! Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan memastikan metabolisme tubuh Anda berfungsi optimal. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan olahraga karena kesibukannya.

Padahal ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan meski sedang sibuk dengan aktivitasnya. Salah satunya adalah pilates. Olahraga ini terbilang ringan dan memberikan dampak positif bagi tubuh. Olahraga pilates juga menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak menyukai olahraga berat.

Apa itu Pilates

Hi Pecinta Olahraga, Latihan pilates adalah metode gerakan yang berfokus pada kelenturan atau fleksibilitas tubuh. Latihan ini dikembangkan pada abad ke-20 oleh seorang atlet veteran bernama Joseph Pilates. Pilates sendiri dianggap sebagai versi modern dari yoga dengan menggabungkan beberapa gerakan senam ringan. Itulah mengapa gerakan yoga dan pilates terlihat mirip. Sama seperti yoga, latihan ini juga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Meski terlihat mirip, pilates dan yoga memiliki tujuan yang berbeda. Latihan pilates bertujuan untuk meningkatkan kestabilan tubuh, sedangkan yoga berfokus pada sisi spiritual dan daya tahan tubuh. Pilates sendiri dapat berfungsi sebagai gerakan pemanasan sebelum melakukan yoga. Jika keduanya diterapkan secara rutin, kesehatan fisik dan psikis Anda dapat terjaga.

Selain diaplikasikan sebagai metode latihan oleh orang awam, pilates juga sering digunakan oleh para fisioterapis, ahli osteopati, terapis fisik, ahli bedah, dan dokter umum karena manfaatnya yang sangat banyak. Setidaknya ada lima manfaat pilates bagi tubuh yang perlu Anda ketahui:

Hi Pecinta Olahraga, Nih 5 Manfaat Senam Pilates yang Sangat Bagus Buat Kesehatan Lho Guys!

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Kesibukan sehari-hari yang padat dapat memicu stres. Akibatnya, tubuh Anda menjadi kurang berenergi dan lesu. Namun, dengan berolahraga pilates secara rutin, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari stres.

Gerakan pilates umumnya berfokus pada kelompok inti tubuh seperti area di antara tulang rusuk bagian bawah. Tubuh Anda akan menjadi lebih segar terutama setelah Anda bangun tidur dan bersiap-siap untuk beraktivitas kembali.

2. Melatih Kekuatan Tubuh

Latihan pilates dapat meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Pilates mengandalkan beban tubuh, terutama otot inti yang membentang dari otot di sekitar panggul hingga ke dada bagian bawah, punggung, dan otot perut.

Jika otot inti tidak fleksibel atau lemah, maka fungsi pergerakan tubuh akan terganggu dan membuat Anda lelah setiap kali beraktivitas. Namun, dengan melakukan latihan Pilates yang tepat, Anda dapat meningkatkan kekuatan otot-otot tersebut sehingga Anda dapat bergerak lebih leluasa.

3. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat olahraga pilates selanjutnya adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Sebab, selain menguatkan, gerakan pilates juga berkaitan dengan peregangan yang dapat melonggarkan otot. Jika dilakukan secara rutin, maka fleksibilitas tubuh akan meningkat.

Hal ini juga diperkuat melalui penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness. Latihan pilates telah dipraktekkan oleh para penari selama puluhan tahun untuk membuat tubuh mereka lebih lentur dan bebas bergerak.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan pilates dapat mendukung aktivitas tersebut karena setiap gerakannya dapat menopang otot-otot inti agar lebih stabil sekaligus menjaga postur tubuh yang baik saat berdiri atau duduk. Senam pilates melatih otot-otot pinggul, pinggul bagian bawah, perut, dan panggul yang menjadi pusat gravitasi tubuh untuk bekerja secara harmonis.

Selain itu, manfaat olahraga pilates juga dapat mengasah kemampuan motorik halus Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih sigap dalam bereaksi dan mampu menjaga keseimbangan saat berdiri di atas permukaan yang tidak stabil. Postur tubuh yang buruk berpotensi menimbulkan berbagai gangguan mulai dari nyeri punggung hingga nyeri bahu. Namun, dengan pilates, Anda bisa menghindarinya sekaligus memperbaiki postur tubuh Anda.

5. Membantu Melatih Fokus

Meskipun terlihat mudah dilakukan, pilates tetap membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Pilates berfokus pada harmonisasi kontrol tubuh, kontrol pikiran, dan kontrol napas. Kombinasi ini membuat Anda lebih fokus pada setiap gerakan yang Anda lakukan.

Dengan fokus yang meningkat, Anda akan terhindar dari risiko cedera dan kecerobohan. Melansir dari Hello Sehat, sebuah penelitian di China mengungkapkan bahwa terdapat perubahan pada aktivitas otak wanita setelah mereka rutin melakukan pilates selama 10 minggu.

Perubahan tersebut berupa peningkatan kekuatan puncak alfa otak yang berhubungan dengan kinerja memori, jaringan saraf, dan fungsi kognitif otak lainnya. Para peneliti juga percaya bahwa pilates memiliki potensi sebagai terapi alternatif bagi penderita disfungsi kognitif dan penyakit otak degeneratif.

Itulah beberapa dampak positif yang akan Anda dapatkan jika rutin melakukan pilates. Selain itu, kondisi fisik Anda juga akan semakin membaik sehingga Anda dapat beraktivitas tanpa hambatan.