10 Jenis Makanan Khas Kupang yang Wajib Dicobain Oleh Wisatawan deh Guys! Enaknya Kebangetan Lho~~ Kupang adalah sebuah daerah yang juga merupakan ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah ini dikenal menawarkan pemandangan alam yang indah sehingga tak heran jika menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Selain destinasi wisatanya yang menawan, Anda juga bisa mencoba berbagai hidangan lezat saat berkunjung ke Kupang. Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Kupang, Sei atau sei sapi. Makanan yang populer di Kupang ini tidak hanya dicari oleh penduduk lokal, tapi juga oleh para wisatawan.

Selain sei, Kupang juga menawarkan beragam kuliner lokal lainnya yang patut Anda coba. Penasaran? Berikut ini rekomendasi makanan khas Kupang yang tidak boleh Anda lewatkan.

10 Jenis Makanan Khas Kupang yang Wajib Dicobain Oleh Wisatawan deh Guys! Enaknya Kebangetan Lho~~

1. Pelepah Manuk

Pernahkah Anda mendengar makanan bernama pelepah manuk? Pelepah manuk adalah salah satu makanan khas Kupang yang wajib Anda coba. Awalnya, pelepah manuk adalah makanan khas Kupang yang terbuat dari daging burung. Namun, sekarang biasanya dibuat dengan daging ayam yang lebih mudah didapat. Daging ayam dipanggang terlebih dahulu, kemudian dimasak dengan bumbu bawang, cabai, kunyit dan kemiri. Santan ditambahkan di tengah-tengah proses memasak untuk memberikan rasa gurih. Hidangan ini memiliki aroma yang menggugah selera dan kuah yang kaya rasa. Sangat unik, bukan?

2. Ikan Kuah Asam

Hidangan ini disebut ikan kuah asam dan bisa menggunakan berbagai jenis ikan, seperti tuna, kerapu, lele, samge, dan lainnya. Rasa asam berasal dari penggunaan belimbing wuluh, asam jawa, atau tomat hijau. Resep ikan kuah asam ini relatif mudah ditiru di rumah dan sangat nikmat jika disajikan panas-panas.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, sajian ikan kuah kuning ini juga cocok sebagai pelengkap hidangan. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa menikmati kelezatan ikan kuah kuning saat berkunjung ke Kupang.

3. Jagung Bose – Makanan khas Kupang

10 Jenis Makanan Khas Kupang yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Jagung merupakan komoditas unggulan pertanian di wilayah NTT, sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Hidangan ini dibuat dengan cara menghancurkan jagung kering dengan alat tradisional, kemudian direbus dengan santan dan kacang-kacangan untuk memberikan cita rasa yang kaya. Teksturnya yang lembut mengingatkan kita pada bubur, namun tetap mempertahankan biji jagung yang memberikan cita rasa khas. Saat berkunjung ke Kupang, jangan lewatkan untuk mencoba jagung bose yang lezat ini.

4. Jagung Titi

Selain untuk hidangan berat, jagung juga bisa diolah menjadi makanan ringan yang lezat. Jagung Titi terbuat dari biji jagung putih yang disangrai hingga setengah matang, kemudian dipipihkan menyerupai keripik. Jagung Titi biasanya disajikan dengan kenari kering atau kacang tanah untuk menambah rasa gurih. Hidangan ini sangat populer di Kabupaten Flores Timur dan beberapa daerah lain di NTT.

Hidangan ini sangat diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tertarik untuk mencobanya?

5. Karmanaci – Makanan Khas Kupang

Karmanaci adalah makanan khas Kupang yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan dicampur dengan kecap manis. Rasanya mirip dengan semur daging, dengan rasa manis dan asin yang cocok disantap dengan nasi hangat. Makanan khas Kupang ini sangat diminati oleh semua kalangan.

6. Se’i

Se’i adalah hidangan daging asap dengan variasi daging sapi atau babi. Proses pengasapan biasanya dilakukan secara massal di warung-warung makan di NTT. Daging yang sudah diasinkan akan disortir dan dibungkus dengan daun. Setelah beberapa jam, proses pengasapan akan mengurangi kadar air pada daging dan menggantinya dengan aroma daging panggang yang lezat. Cara memasak ini membuat daging tetap juicy dan memberikan rasa gurih yang khas.

Tidak hanya di Kupang, hidangan sei kini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Apakah Anda pernah mencoba hidangan ini?

7. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe terdiri dari sayuran yang ditumis dengan bawang dan ikan teri, yang memberikan cita rasa gurih. Sayuran yang sering digunakan antara lain daun pepaya, daun singkong, bunga pepaya, jantung pisang, dan daun kelor. Pengolahan yang tepat akan menghilangkan rasa pahit dari sayuran tersebut dan mengubahnya menjadi hidangan yang lezat. Tertarik untuk mencobanya?

8. Kolo

Kolo, seperti halnya lontong di Jawa, terbuat dari beras. Namun, caranya berbeda. Beras yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam bambu yang dilapisi daun, lalu diisi air. Bambu tersebut kemudian dibakar hingga beras menjadi padat dan menyerupai lontong. Kolo memiliki rasa yang segar karena tidak mengandung santan. Hidangan ini sering dijumpai dalam upacara adat dan disantap bersama Se’i dan hidangan lainnya. Sangat unik, bukan? Pastikan Anda mencoba hidangan ini saat berkunjung ke Kupang.

9. Sambal Lu’at

Adalah sambal cocolan yang sering disajikan bersama Se’i. Sambal yang satu ini terbuat dari cabai, daun bawang, daun kemangi, jeruk nipis, dan mungkin belimbing wuluh untuk menambah rasa asam. Sambal ini merupakan jenis sambal mentah, sehingga keaslian dan kesegaran bahan-bahannya menjadi poin utama. Saat berkunjung ke Kupang, jangan lupa untuk menyempatkan diri berburu sambal luat. Menikmati sambal luat bersama dengan seporsi nasi hangat tentu menjadi pilihan tepat yang wajib Anda coba.

10. Kue Jawada – Makanan Khas Kupang

Kue Jawada adalah makanan penutup yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, santan dan nira aren. Makanan khas Kupang ini sangat diminati oleh penduduk lokal dan wisatawan. Rasanya manis dan gurih, dengan tekstur renyah yang unik menyerupai helaian rambut. Awalnya, kue Jawada merupakan sajian khas upacara adat, namun kini kue ini bisa dinikmati oleh semua kalangan di Kupang. Jangan lupa untuk mencoba kue ini saat berkunjung ke Kupang.