Terlampau Banyak Gimmick, Gibran Dipandang Tidak Memperlihatkan Rasa Simpati di Diskusi Calon wakil presiden. Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dipandang kurang memperlihatkan sikap simpati ke rivalnya saat diskusi cawapres atau diskusi calon wakil presiden di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Minggu, (21/1/2024).

“Sikap dan gimmick Gibran saat sampaikan pertanyaan dan memberi respon jawaban malah berkesan kurang simpatik,” kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy dan Taktikc Affairs, Ahmad Khoirul Umam dalam penjelasannya, Senin (22/1/2024).

Dosen Pengetahuan Politik dan International Studies Kampus Paramadina menjelaskan, harusnya Gibran tampil tenang dan menghindar dari gimmick yang terlalu berlebih.

Semestinya Gibran tampil tenang dan menghindar dari beberapa gimmick yang tidak butuh dan tidak produktif, karena sebetulnya materi gempurannya telah terkena target,” ucapnya.

“Tetapi karena Gibran cenderung lebih memilih meneruskan gimmick yang kurang simpatik, pada akhirnya tim 01 dan 03 solid mengantam taktik itu dengan judgment pertanyaan recehan dan tidak pantas untuk dijawab,” ujarnya.

Awalnya, Gibran sebelumnya sempat lakukan gerakan dengan menempatkan tangannya di dahi sambil melihat ke atas sampai bawah dengan menyaksikan Mahfud MD saat bertanya berkenaan inflasi hijau.

“Saya cari jawaban Pak Mahfud. Juga nyari-nyari di mana ini jawabnya. Saya bertanya permasalahan inflasi hijau kok justru jawab ekonomi hijau,” tutur Gibran dalam diskusi calon wakil presiden.

Terlampau Banyak Gimmick, Gibran Dipandang Tidak Memperlihatkan Rasa Simpati di Diskusi Calon wakil presiden

Terlampau Banyak Gimmick, Gibran Dipandang Tidak Memperlihatkan Rasa Simpati di Diskusi Calon wakil presiden

Lalu, Mahfud seakan memberi tanggapan sama dengan celingak-celinguk. Karena, merasa jawaban Gibran masalah langkah menangani greenflation atau inflasi hijau pun tidak menyambung.

“Saya ingin cari tuch jawabnya, ngawur . Ngarang-ngarang tidak karuan,” sebut Mahfud.

Bahkan juga, Mahfud lalu membalasnya dengan malas jawab pertanyaan Gibran. Karena, dia memandang pertanyaan yang dikatakan Gibran adalah pertanyaan receh.

“Ini lo, jika akademik itu jika menanyakan yang seperti gitu-gitu tuch receh, begitu, receh receh. Oleh karenanya, itu tidak pantas dijawab menurut saya,” kata Mahfud.

Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menyikapi rileks masalah dianya yang dipandang ofensif atau serang pesaingnya. Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md dalam diskusi calon wakil presiden, Minggu malam (21/1/2024).

Gibran memberikan penilaian masalah performanya di diskusi calon wakil presiden malam hari ini ke beberapa pemirsa.

“Permasalahan ofensif atau mungkin tidak itu saya balikkan kembali ke penonton atau pemirsa. Kata Gibran Rakabuming Raka ke reporter selesai meng ikuti diskusi calon wakil presiden di JCC, Senayan, Jakarta.