Rekomendasi TOP 10 Sup Khas Perancis, Creamnya Lembut Hingga ke Mulut! Incroyable~~ Sup Perancis bisa menjadi salah satu pilihan kuliner yang wajib dicoba saat Anda berlibur ke Perancis. Sup memang menjadi salah satu hidangan penting bagi masyarakat Prancis karena masakan Prancis biasanya terdiri dari tiga hidangan, mulai dari hors d’Ĺ“uvre atau hidangan pembuka, plat principal atau hidangan utama dan fromage atau hidangan penutup.

Di sini, sup biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka karena sup dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Nah, sebelum berkunjung ke Prancis, yuk kenali dulu sup-sup khas Prancis yang memiliki cita rasa lezat. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

Rekomendasi TOP 10 Sup Khas Perancis, Creamnya Lembut Hingga ke Mulut! Incroyable~~

1. Soupe au Pistou

Soupe au pistou disebut-sebut mirip dengan minestrone Italia yang terkenal.

Sup ini terbuat dari wortel, kentang, buncis, kacang polong, buncis, labu, dan berbagai macam sayuran lainnya. Selain itu, sup ini juga diberi pistou, saus kental yang terbuat dari daun kemangi, minyak zaitun dan bawang putih. Terkadang sup ini juga diberi taburan keju parut atau tomat. Soupe au Pistou biasanya disajikan hangat di musim panas, saat sayuran berlimpah.

2. Soupe de poisson a la rouille

Soupe de poisson a la rouille juga menjadi salah satu sup khas Prancis yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana. Menariknya, sup ini memiliki julukan yang unik, yaitu hidangan orang miskin.

Soupe de poisson a la rouille terbuat dari ikan putih yang diolah dengan kaldu kemudian diberi bawang putih, tomat, minyak zaitun, kunyit dan rempah-rempah lainnya. Agar rasanya semakin nikmat, sup ini biasanya dinikmati dengan kentang dan hati ikan monkfish. Soupe de poisson a la rouille juga sering disajikan sebagai hidangan pembuka yang hangat.

3. Soupe a l’ail

Selanjutnya, Anda bisa mencicipi soupe a l’ail sebagai salah satu sup khas Prancis yang lezat. Soupe a l’ail merupakan sup bawang putih yang disajikan dengan telur rebus dan irisan roti baguette dengan minyak zaitun.

 

Baca juga :
TOP 8 Ciri Khas Kuliner Toyama yang Super Delicious, Sobat Wajib Banget Mencobainya Lho!

 

Konon, sup ini berasal dari daerah Occitanie dan Provence di Perancis. Banyak juga yang mengatakan bahwa soupe a l’ail mirip dengan sopa de ajo, sup khas Spanyol. soupe a l’ail biasanya disajikan pada acara-acara khusus, misalnya pada jamuan makan para bangsawan.

4. Soupe a l’oignon

Sup Prancis yang lezat berikutnya adalah soupe a l’oignon. Awalnya, sup ini merupakan hidangan petani sederhana karena bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup sederhana.

Soupe a l’oignon dibuat dengan bawang bombay dan kaldu daging yang dikaramelisasi, kemudian diberi potongan kecil roti panggang renyah dan keju. Setelah itu, sup akan dipanggang di dalam oven agar keju di atasnya meleleh dan menjadi kulit keemasan. Supe a l’oignon ini paling enak dinikmati selagi hangat.

5. Vichyssoise

Vichyssoise adalah sup Perancis yang memiliki penampilan sangat sederhana sehingga membuat banyak orang ragu dan bertanya-tanya apakah sup ini enak. Namun, tentu saja semua keraguan itu akan hilang setelah Anda mencobanya.

Vichyssoise terbuat dari daun bawang, bawang bombay, kentang, krim, dan kaldu ayam. Menurut sejarahnya, Vichyssoise ini dibuat oleh Jules Gouffe, seorang koki asal Perancis pada tahun 1859.

6. Garbure

Sup Prancis berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Garbure. Garbure adalah sup kental yang berasal dari barat daya Prancis dan merupakan salah satu hidangan paling populer.

Garbure dibuat dengan daging, keju, wortel, kubis, bawang bombay, kacang polong, daun thyme dan peterseli. Daging yang digunakan dalam sup ini biasanya daging sapi, tetapi tidak jarang juga dibuat dengan daging kambing. Sup ini secara tradisional disajikan sebagai makan malam. Agar rasanya lebih enak, disarankan untuk memasak sup ini menggunakan toupin, yaitu tembikar yang tinggi dan bulat.

7. Tourin

Adalah sup Perancis yang juga cukup populer karena rasanya yang lezat. Tourin terbuat dari bawang putih, bawang bombay, roux dan kaldu. Untuk membuat konsistensi sup menjadi lebih kental, biasanya ditambahkan putih telur dan kuning telur.

Menariknya, tourin ini merupakan sup yang wajib disajikan untuk pengantin baru, lho. Namun, semua orang juga bisa menikmati kelezatan tourin ini. Agar semakin nikmat, biasanya tourin disantap dengan sepotong roti panggang, keju atau daun peterseli.

8. Potage Parmentier

Sup Prancis berikutnya yang wajib Anda cicipi adalah Potage Parmentier. Potage Parmentier termasuk salah satu sup yang unik karena dapat disajikan panas maupun dingin.

Potage Parmentier dibuat dengan bahan yang tidak terlalu banyak, hanya menggunakan kentang, daun bawang dan bawang bombay yang diolah hingga teksturnya halus dan lembut. Sup ini terkadang juga ditambahkan dengan peterseli, brokoli, asparagus atau parsnip. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka, dinikmati dengan daging atau dimakan sebagai camilan sore hari.

9. Consomme

Rekomendasi TOP 10 Sup, Consomme adalah sup yang terbuat dari kaldu bening dan memiliki rasa yang kaya. Untuk memasak sup Perancis ini dibutuhkan keahlian khusus dan waktu yang tidak sebentar untuk menghasilkan kaldu yang jernih tanpa lemak. Tak heran jika consomme ini disajikan pada acara-acara resmi sebagai hidangan pembuka. Sup ini juga akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan kuning telur, irisan sayuran dan daging ikan.

10. Bisque

Sup khas Prancis yang terakhir adalah bisque. Bisque merupakan sup tradisional yang memiliki konsistensi kental.

Bisque terbuat dari krim, makanan laut, cognac, anggur, dan berbagai jenis rempah-rempah. Biasanya disiapkan dua kali, dipanggang dan direbus dalam kaldu beraroma. Menurut sejarahnya, hidangan ini pertama kali dikenal sebagai sup kerang dan menjadi hidangan nelayan pada abad ke-17. Saat ini, Anda dapat menemukan bisque ini dengan kepiting, udang, dan lobster.