Hashim Paparkan Program Baru Prabowo-Gibran: Hapus Hutang Petani dan Nelayan. Anggota Dewan Pengarah Team Kampanye Nasional atau TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo memaparkan program baru pasangan capres (calon presiden) dan cawapres (calon wakil presiden) nomor urut 02 tersebut. Satu diantaranya, kata Hashim, hapus hutang credit petani dan nelayan.

“Berikan program baru karena kerap bertemu nelayan dan petani. Rupanya Ada juta-an petani dan nelayan yang tetap terbeban dengan hutang lama itu namanya credit usaha petani dan nelayan,” tutur Hashim pada acara pemenangan Prabowo-Gibran satu perputaran bersama beberapa sukarelawan di MG Setos, Kota Semarang, Jawa tengah, Minggu (21/1/2024).

Ia sampaikan, sekarang ini Prabowo-Gibran sudah mempunyai beberapa program yang hendak digerakkan jika menang Pemilihan Presiden atau Pemilihan presiden 2024. Dimulai dari, makan dan susu gratis untuk anak dan ibu hamil, sampai membangun rumah dan apartemen untuk juta-an masyarakat Indonesia.

Hashim menerangkan program penghilangan hutang credit nelayan dan petani ini ditargetkan, selesai team seringkali berjumpa nelayan dan petani. Keseluruhan ada delapan juta petani dan nelayan yang terbelit hutang.

Ada juta-an, ada yang katakan 5-8 juta petani nelayan yang terbeban hutang yang masih belum lunas dan belum sempat dibayarkan karena tidak sanggup bayar hutang dasar dan bunga dan sekarang mereka harus ke mana? Ke rentenir dan pinjol,” sebut ia.

“Ibu bapak tahu pinjol apa? Saya baru mengetahui beberapa waktu lantas karena saya tidak perlu ke pinjol. Pinjol itu utang online. Kita mengetahui rentenir siapa? Yang ambil dapat 6-7 % /bulan. Karena mereka tidak dapat memperoleh credit dari perbankan nasional. Telah di-black daftar, diconteng namanya, tidak dapat pinjam kembali,” ikat adik kandungan capres (calon presiden) Prabowo tersebut.

Hashim Paparkan Program Baru Prabowo-Gibran: Hapus Hutang Petani dan Nelayan

Hashim Paparkan Program Baru Prabowo-Gibran: Hapus Hutang Petani dan Nelayan

Hashim bercerita saat dianya berjumpa dengan 1.000 nelayan dan petani yang rupanya 90 % terbelit hutang. Menyaksikan hal tersebut, ada program Prabowo-Gibran untuk lakukan pemutihan pada hutang beberapa petani dan nelayan. Akan kerjakan pemutihan. Kita akan kerjakan pemutihan agar juta-an petani dan nelayan dapat pinjam kembali. Tidak ditagih oleh beberapa bank. Kita hapus. Mereka dikasih hak pinjam kembali. Ingin pinjam Rp5 juta, Rp10 juta, Rp500 ribu, monggo. Pemerintahan Prabowo-Gibran akan berikan hak,” papar Hashim.

Ia memperjelas dengan program itu perbankan tidak rugi. Menurut Hashim hutang lama telah ditukar oleh asuransi.

“Kita jamin perbankan nasional masih tetap sehat. Tidak rusak. Bank itu tidak rugi karena hutang lama ditukar asuransi credit, jadi tidak rugi,” sebut Hashim.