Masuk Musim Tanam 2024, Pupuk Indonesia Berikan Potongan harga 50% Harga Pupuk Buat Petani. Sebagai cara vital untuk menggerakkan keberhasilan musim tanam tahun ini, Kementerian Pertanian bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) mengadakan aktivitas Pergerakan Kenaikan Produksi Pangan Nasional Lewat Optimasi Peranan Instansi Warga Dusun Rimba (LMDH) se-Provinsi Jawa tengah di Blora, Kamis (18/1/2024) tempo hari. Acara ini didatangi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Direktur Khusus Pupuk Indonesia, Rahmad Individu.

Bersama aktivitas ini, Pupuk Indonesia melangsungkan Bazar Pupuk yang mengikutsertakan lebih dari 35.000 petani LMDH dari beberapa daerah di Jawa tengah. Lewat aktivitas ini, Pupuk Indonesia bukan hanya memberikan dukungan aktivitas publikasi dan pembelajaran petani LMDH pada musim tanam awalnya tahun 2024, tapi juga memberi keringanan akses pupuk nonsubsidi pada harga dapat dijangkau untuk petani LMDH di Jawa tengah.

Direktur Khusus Pupuk Indonesia, Rahmad Individu menerangkan Pupuk Indonesia terus meneruskan peranan aktifnya saat jaga ketahanan pangan nasional dengan menggerakkan tingkat keproduktifan pertanian lewat tersedianya pupuk, baik pupuk bersubsidi atau nonsubsidi.

“Selainnya jalankan amanat pemerintahan untuk penuhi peruntukan pupuk bersubsidi. Kesempatan kali ini Pupuk Indonesia melangsungkan Bazar Pupuk nonsubsidi pada harga dapat dijangkau, yakni dengan potongan harga 50%. Serangkaian aktivitas ini jadi realisasi loyalitas kami saat jamin tersedianya pupuk dan keterjangkauan harga pupuk nonsubsidi untuk beberapa petani di daerah Blora dan sekelilingnya, hingga saat tanam awalnya tahun ini dapat makin dimaksimalkan,” tutur Rahmad dalam info tercatat di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Selainnya lewat Bazar, Pupuk Indonesia terus tingkatkan tersedianya pupuk nonsubsidi lewat kios-kios resminya. Sampai Januari 2024, sekitar 8.734 gerai atau 60% dari 14.532 gerai sah pupuk bersubsidi di Pulau Jawa sudah sediakan stock pupuk nonsubsidi.

Masuk Musim Tanam 2024, Pupuk Indonesia Berikan Potongan harga 50% Harga Pupuk Buat Petani

Masuk Musim Tanam 2024, Pupuk Indonesia Berikan Potongan harga 50% Harga Pupuk Buat Petani

Untuk di Jawa tengah, sekitar 3.641 atau 74% dari 4.904 gerai pupuk bersubsidi sudah sediakan stock pupuk nonsubsidi. Jumlah tersedianya pupuk nonsubsidi di kios-kios sah Pupuk Indonesia terus akan dipertingkat di awal musim tanam tahun 2024.

Dalam pada itu, sampai tanggal 14 Januari 2024 tersedianya pupuk bersubsidi dan pupuk non-subsidi terdaftar sejumlah 1.907.888 ton. Angka ini terbagi dalam pupuk bersubsidi sejumlah 1.315.286 ton dan pupuk nonsubsidi sejumlah 592.602 ton. Adapun rinciannya, urea bantuan sejumlah 831.172 ton dan NPK bantuan sejumlah 484.115 ton. Sementara urea nonsubsidi sejumlah 592.692 ton dan NPK nonsubsidi 93.474 ton. Untuk tersedianya stock pupuk bersubsidi sendiri telah capai

200 % atau 2x lipat lebih banyak dari ketetapan stock minimal yang diputuskan oleh Pemerintahan.

Usaha untuk tingkatkan tersedianya pupuk dilaksanakan mendatangkan program MAKMUR. Ekosistem pertanian berdikari yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan keproduktifan pertanian. Dan kesejahteraan petani lewat pemakaian pupuk nonsubsidi. Cakupan program ini meliputi pada pendayagunaan petani lewat pengiringan intens. Sarana akses pendanaan, pelindungan dampak negatif, dan agunan akses pasar pada harga berkompetisi.