TOP 7 Perayaan Tahun Baru Terunik di Berbagai Dunia Lho Guys, Ada Indonesia Kah? Tahun baru merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain libur panjang, tahun baru juga menjadi momentum bagi seluruh masyarakat di setiap negara untuk memanjatkan doa dan harapan kepada Tuhan agar tahun yang akan datang menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya, sekaligus berterima kasih kepada sang pencipta atas segala kebaikan di tahun yang akan dilalui. Dalam melewati malam pergantian tahun, setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang hanya berdoa, ada yang mengadakan pesta kembang api, dan ada pula yang mengadakan konser musik. Namun beberapa negara memiliki cara yang unik dan tidak biasa dalam menyambut malam pergantian tahun. Negara mana sajakah itu? Yuk, kita intip 7 perayaan tahun baru yang unik di dunia.

TOP 7 Perayaan Tahun Baru Terunik di Berbagai Dunia Lho Guys, Ada Indonesia Kah?

1. Makan 12 Buah Anggur, Spanyol

Untuk menyambut pergantian tahun, masyarakat Spanyol memiliki tradisi yang cukup unik. Di sini dipercaya bahwa siapa saja yang dapat memakan 12 buah anggur pada saat pergantian tahun akan diberkahi keberuntungan. Tradisi ini disebut uvas de la suerte Di Spanyol, lonceng akan dibunyikan sebanyak 12 kali. Setiap kali lonceng dibunyikan, Anda harus memasukkan 1 buah anggur ke dalam mulut Anda satu per satu. Dan ini dilakukan hingga anggurnya habis. Ketika lonceng ke-12 berhenti dan Anda belum menghabiskan anggur di mulut Anda, diyakini bahwa hidup Anda akan sial. Anggur yang digunakan dalam perayaan Tahun Baru yang unik ini adalah anggur putih Aledo. Perayaan Tahun Baru yang unik ini masih bertahan hingga hari ini. Mungkin Anda bisa mencobanya juga di malam tahun baru nanti di rumah.

2. Melempar Piring ke Dinding, Denmark

Perayaan tahun baru yang unik ini mungkin akan sedikit mengejutkan jika dilakukan. Bagaimana tidak, di Denmark, orang-orang akan melemparkan piring-piring tak terpakai yang telah mereka kumpulkan sebelumnya ke depan rumah atau tembok teman dan tetangga. Beberapa orang percaya bahwa cara ini dapat mengusir roh-roh halus dan roh jahat yang ada di sekitar kita.

Selain untuk mengusir roh jahat, salah satu tujuan dari tradisi ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak teman dan orang terdekat yang Anda miliki selama setahun terakhir. Diartikan bahwa semakin banyak piring yang dilemparkan ke rumah seseorang, maka itu berarti semakin banyak teman yang mereka miliki. Wah, cukup unik juga ya tradisi perayaan tahun baru ini. Bagaimana, berani mencobanya di Indonesia? Bukannya dianggap banyak teman, tapi mungkin Anda akan mendapat omelan dari tetangga.

3. Membunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang

Perayaan Tahun Baru yang unik ini disebut Joya no Kane. Pada saat pergantian tahun, setiap kuil di Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Jumlah ini diambil dari kepercayaan umat Buddha bahwa di dunia ini terdapat sebanyak 108 rintangan dan halangan dalam menjalani kehidupan. Sehingga dengan membunyikan lonceng tersebut dapat membersihkan setiap manusia dan tahun yang akan datang dapat menjadi kebahagiaan serta dijauhkan dari kesedihan dan rintangan dalam menjalani kehidupan di tahun yang akan datang. Dalam membunyikan lonceng ini memiliki aturan tersendiri, dimana jem mendekati pergantian tahun, lonceng dibunyikan sebanyak 107 kali, dan setelah tahun berganti dibunyikan lagi sebanyak 1 kali.

4. Bermalam di Kuburan, Chili

Kehilangan orang yang dicintai adalah hal yang sangat menyakitkan bagi semua manusia. Ketika seseorang yang kehilangan orang yang dicintai, akan merasa sangat sedih dan merindukan orang yang telah berpulang tersebut ketika sedang melewati momen-momen penting dan membahagiakan. Salah satu momen penting dan membahagiakan yang ingin kita habiskan dan lewati bersama dengan orang yang kita cintai adalah malam pergantian tahun. Berdasarkan hal tersebut, di Chili pernah terjadi sebuah kejadian dimana sebuah keluarga menerobos pagar pemakaman untuk menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga mereka yang telah meninggal.

Berawal dari kejadian tersebut, kini hal tersebut telah menjadi budaya atau tradisi bagi masyarakat Chili. Bahkan pemerintah pun telah menyetujui untuk membuka pagar pemakaman pada malam tahun baru untuk memungkinkan mereka yang ingin menghabiskan malam tahun baru bersama kerabat mereka yang telah meninggal. Bagi sebagian orang, kuburan adalah tempat yang menyeramkan, oleh karena itu tradisi ini layak disebut sebagai perayaan tahun baru yang unik.

5. Festival Songkran, Thailand

Sekarang beralih ke negara tetangga kita, Thailand. Di Thailand, ada sebuah tradisi perayaan tahun baru yang unik yang disebut dengan Festival Songkran. Festival Songkran sendiri merupakan perayaan di mana masyarakat Thailand akan menyiramkan atau menyemprotkan air ke siapa saja yang mereka temui, bahkan orang asing sekalipun. Festival ini biasanya berlangsung selama tiga hari, namun ada juga yang merayakannya selama satu minggu. Air sangat identik dengan perayaan Songkran karena air melambangkan pembersihan. Sehingga diharapkan kita membersihkan diri dari segala hal buruk yang terjadi di tahun lalu dan menjalani tahun depan dengan bersih dan bahagia.

Ada yang unik dalam perayaan Festival Songkran ini, dimana perayaan tahun baru yang pada umumnya diadakan pada bulan Desember menjelang Januari justru dirayakan pada pertengahan bulan April. Keunikan perayaan tahun baru di Thailand ini sempat ditiadakan ketika dunia sedang menghadapi bencana global Covid-19.

6. Menggantungkan Bawang di Pintu Rumah, Yunani

Orang Yunani memiliki perayaan Tahun Baru yang unik setiap tahunnya. Di mana hampir di setiap pintu rumah Anda akan melihat bawang yang digantung. Bukan bawang biasa, melainkan bawang laut yang bisa tumbuh kembali mengeluarkan tunas dan daun. Saat malam tahun baru tiba, warga Yunani akan menggantungkan bawang ini dengan kepercayaan bahwa keberuntungan akan datang di tahun depan, selain itu bawang ini juga melambangkan kelahiran atau pertumbuhan kembali.

7. Mengenakan Celana Dalam Berwarna Pink, Argentina

Tradisi tahun baru yang satu ini lebih cocok disebut aneh daripada unik. Dimana di negara ini, orang-orang akan menggunakan celana dalam berwarna merah muda atau pink. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sedang mencari jodoh atau pasangan. Masyarakat Argentina sendiri percaya bahwa dengan menggunakan pakaian dalam berwarna merah muda tepat di malam pergantian tahun, maka mereka akan mendapatkan jodoh sesegera mungkin. Perayaan tahun baru yang unik ini memang tidak bisa disaksikan secara langsung. Bisa dibayangkan betapa lucunya jika celana dalam berwarna pink ini bisa dilihat dan dipakai oleh para pria.

Nah guys, itulah beberapa perayaan tahun baru yang unik di dunia. Sebenarnya masih banyak lagi perayaan tahun baru unik yang dimiliki oleh negara-negara lain. Kita akan bahas di kesempatan berikutnya. Sampai jumpa.