Berita Bisnis : Kadin Indonesia Mengajak Pebisnis Gunakan Pemilu 2024 Jadi Sumber Cuan. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia mengatakan Pemilu 2024 adalah momen penting untuk aktor usaha, usaha, dan investasi di Indonesia.

Eksekutor Pekerjaan Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi. Menjelaskan, karena itu Kadin Indonesia bekerja sama dengan Kadin Propinsi DKI Jakarta. Mengadakan acara Diskusi Calon presiden Bersama Kadin: Ke arah Indonesia Emas 2045.

Diskusi itu, akan diadakan pada Kamis (11/1/2024) yang mempunyai tujuan untuk ketahui misi dari beberapa Calon Presiden 2024. Saat menggerakkan perkembangan perekonomian Indonesia dan merealisasikan Misi Indonesia Emas 2045.

Lewat diskusi calon presiden bersama Kadin, dunia usaha menggarisbawahi keutamaan penerapan peralihan kepimpinan yang damai. Kata Yukki dalam Pertemuan Jurnalis Diskusi Calon presiden Bersama Kadin: Ke arah Indonesia Emas 2045, di Djakarta Teater – Lounge Tempat, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Selanjutnya, di depan perwakilan team pemenangan masing-masing Calon presiden yang datang, menyorot rintangan ekonomi baik pada atau luar negeri yang mempunyai potensi bisa mempengaruhi sasaran perkembangan ekonomi termasuk berkaitan perolehan misi Indonesia Emas 2045.

Rintangan dalam negeri yaitu terkait dengan kestabilan politik dan keamanan dalam acara pemilu 2024. Sementara, rintangan di luar segi salah satunya peningkatan inflasi global sampai rumor peralihan cuaca yang mempunyai potensi dapat menggerakkan pelambatan ekonomi.

Oleh karena itu, penting untuk ketahui misi serta visi atau program ekonomi yang dijajakan beberapa Calon presiden untuk menggerakkan perkembangan usaha di Indonesia termasuk untuk dunia usaha.

“Kadin mengharap Pemilu 2024 berjalan dengan adil, jujur, dan damai hingga kestabilan nasional terbangun dan aman,” tandas Yukki.

Berita Bisnis : Kadin Indonesia Mengajak Pebisnis Gunakan Pemilu 2024 Jadi Sumber Cuan

Berita Bisnis : Kadin Indonesia Mengajak Pebisnis Gunakan Pemilu 2024 Jadi Sumber Cuan

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi, mengaku sampai sekarang proses hal pemberian izin berusaha setiap wilayah mempunyai peraturan yang tidak sama.

“Kami selalu memperoleh banyak kebijakan yang kadangkala berlainan dengan peraturan Pusat. Kata Dian dalam Diskusi Calon presiden Bersama Kadin: Ke arah Indonesia Emas 2045. Di Djakarta Teater – Lounge Tempat, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Di lain sisi, kata Dian, diketahui tiap kepala wilayah memiliki peraturan yang berbeda. Hingga seringkali malah memusingkan beberapa aktor usaha untuk melakukan investasi di wilayah itu.

Akhirnya aktor usaha pilih berpindah ke wilayah lebih mempunyai infrastruktur atau peraturan yang telah oke.┬áIni benar-benar mengusik sekali,” katanya.

Tidak cuma peraturan hal pemberian izin berusaha yang berbeda. Tetapi, banyak investor mengeluh ada banyak pungli (pungutan liar).

“Pemerintahan pusat ada peraturan apapun itu pemda harus mengikuti itu. Dan yang kami merasai rupanya banyak pungutan liar di wilayah,” ucapnya.