Berita Keamanan : 2.366 Polisi Mengamankan Diskusi Calon presiden di Istana olahraga Senayan Minggu 7 Januari 2024. Polda Metro Jaya mempersiapkan beberapa ribu personil polisi dalam rencana penyelamatan ajang diskusi calon presiden yang akan diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana olahraga Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 7 Januari 2024.

“Kami sudah membuat rencana dalam penyelamatan aktivitas itu ini ada 2.366 personil yang terbagi dalam Satuan tugas Pusat. Selanjutnya Satuan tugas Wilayah atau Satuan tugas Res,” tutur Karo Penmas Seksi Humas Polri sekalian Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (5/1/2024).

Dari beberapa ribu personil yang dikeluarkan, lanjut Trunoyudo, petugas akan ditaruh di sejumlah titik untuk amankan lokasi diskusi Pemilihan presiden 2024 yang diadakan di Gelanggang Bulu tangkis, yang dalam tempat Istana olahraga Senayan

Selainnya peletakan personil, Trunoyudo menjelaskan faksinya sudah mempersiapkan beberapa eksperimen lalu lintas secara keadaanonal. S/d pengadaan kantong parkir, untuk beberapa tamu dan simpatisan pasangan calon. Pasti kita kerjakan beberapa langkah eksperimen lalu lintas tetapi karakternya keadaanonal,” katanya.

“Ya untuk sejumlah teritori di daerah Istana olahraga Senayan pasti banyak kantong -kantong parkir yang kita persiapkan baik itu tempat tempat parkir khusus dari Istana olahraga Senayan. Dan dari lapangan madya dan beberapa daerah yang lain pasti ini akan menjadi sisi dari kantong parkir,” sambungnya.

Dengan penyiapan yang telah digerakkan, ia ajak seluruh pihak sama-sama kolaboratif jaga ketertiban dan keamanan sepanjang ajang diskusi berjalan.

Diskusi ini kali akan di ikuti beberapa calon presiden yakni Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Mereka akan menjelaskan pandangannya sama sesuai topik diskusi pertahanan, keamanan, jalinan internasional, dan geopolitik.

Diskusi yang hendak diadakan di Istana olahraga Senayan, Jakarta Pusat, akan diawali jam 19.00 WIB. Dengan durasi waktu diskusi 150 menit, termasuk iklan. Adapun durasi waktu khusus diskusi yakni 120 menit yang terdiri dari enam fragmen.

Berita Keamanan : 2.366 Polisi Mengamankan Diskusi Calon presiden di Istana olahraga Senayan Minggu 7 Januari 2024

Berita Keamanan : 2.366 Polisi Mengamankan Diskusi Calon presiden di Istana olahraga Senayan Minggu 7 Januari 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) menggelar rapat finalisasi diskusi capres untuk 7 Januari 2024. Hasilnya, 11 nama orang panelis diskusi calon presiden dipublikasikan.

Rapat itu didatangi oleh team tv pelaksana, perwakilan setiap team pasangan calon presiden-wakil presiden, dan komisioner KPU.

“Berkaitan panelis, kami telah mendapatkan verifikasi dari 11 orang untuk diskusi ke-3 kelak,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

August menambah, selainnya panelis, rapat bermufakat dengan lokasi diskusi dan 2 orang yang hendak jadi moderator.

“Moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Tempat nanti akan di Istana olahraga Senayan Jakarta,” kata August.

August pastikan, pola diskusi Pemilihan presiden 2024 tetap sama yaitu berjalan sepanjang enam fragmen dengan keseluruhan durasi waktu 150 menit. Termasuk mode pentas yang tidak berbeda jauh dengan masih tetap berpodium.

“Tetap sama, pola enam fragmen dan ada tribune,” pungkas August.