Berita Malam Tahun Baru 2024 di Beragam Belahan Dunia, Termasuk di Gaza Palestina. Perayaan kalkulasi undur jatuhnya Tahun Baru 2024 jadi momen yang dinanti-nantikan setiap tahunnya. Acapnya warga menyongsong Tahun Baru dengan perayaan kembang api. Dunia barusan melalui penggantian tahun dari 2023 ke 2024 yang jatuh sesudah Ahad malam, 31 Desember 2023.

Lalu seperti apakah perayaan Malam Tahun Baru 2024 di penjuru dunia?

1. Australia dan Selandia Baru

D ikutip dari Aljazeera, Sydney di Australia dan Auckland di Selandia Baru jadi kota besar dunia pertama kali yang menyongsong hadirnya 2024. Lebih satu juta orang rayakan Tahun Baru pada Ahad malam di tengah-tengah atraksi kembang api yang mengagumkan di daerah ini.

Sydney beri pujian tahun 2024 dengan atraksi kembang api yang mempesona yang tampilkan letupan bunga api perak dan emas untuk mengidentifikasi ulang tahun ke-50 gedung operanya yang populer. Sementara di Selandia Baru recikan bunga api menyinari bangunan paling tinggi di Selandia Baru, Sky Tower di Auckland.

2. Jepang

Di Jepara, hadirnya 2024 diikuti bunyi lonceng kuil di semua negeri. Sambil nikmati penggantian tahun, pengunjung dii Kuil Tsukiji di Tokyo, diberi susu panas dan sup jagung gratis saat mereka mengantre untuk membunyikan lonceng besar. Tahun Baru 2024 di Tokyo disemarakkan konnser organ pipa di muka altar yang istimewa.

3. Tiongkok

Tiongkok rayakan Tahun Baru 2024 dengan relatif simpel. Penopang peraturan sudah membuat larangan perayaan memakai kembang api di beberapa kota besar. Selainnya argumen keamanan, Pemerintahan Tiongkok berdedikasi kurangi pencemaran.

Dalam pidato Tahun Anyarnya, Presiden Tiongkok Xi Jinping menjelaskan jika negaranya akan konsentrasi membuat momen perbaikan perekonomian pada 2024. Ia janji akan menjadikan satu lagi Tiongkok dengan Taiwan.

Berita Malam Tahun Baru 2024 di Beragam Belahan Dunia, Termasuk di Gaza Palestina

Berita Malam Tahun Baru 2024 di Beragam Belahan Dunia, Termasuk di Gaza Palestina

4. India

Di India, dalam rencana mengantar keperginya 2023 dan menyongsong 2024, beberapa ribu orang bergembira ria dari pusat keuangan Mumbai bergabung di teritori orang berjalan kaki yang ramai untuk melihat matahari tenggelam di Laut Arab.

Dalam pada itu, di New Delhi, kembang api meletus semarak di ibukota negara tersebut. Tersisa perayaan kembang api itu disampaikan memunculkan kekuatiran pencemaran. Saat pagi pertama tahun baru, New Delhi alami kualitas udara jelek karena diselimuti kabut beracun.

5. Palestina

Berdasar laporan Aljazeera, berlainan dengan negara yang lain menyongsong Tahun Baru dengan letupan kembang api, dibanding pikirkan perayaan penggantian tahun, warga Gaza lebih repot cari tempat berlindung, makanan dan air. Mereka mempunyai sedikit keinginan jika tahun ini akan memberi banyak kontribusi sesudah 12 minggu perang Israel dengan Hamas.

“Pada 2024 saya ingin kembali lagi ke puing-puing rumah saya, membangun tenda dan ada di sana,” kata Abu Abdullah al-Agha, seorang pria separuh baya Palestina yang tempat tinggalnya di Khan Younis remuk dan kehilangan seorang sepupu lelaki dan wanita.

6. Vatikan

Di Vatikan, Paus Fransiskus kenang kembali 2023 sebagai tahun yang diikuti kesengsaraan saat perang. Sepanjang pemberkatan tradisionil pada Ahad dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, dia memanjatkan doa untuk masyarakat Ukraina yang teraniaya, warga Palestina dan Israel, masyarakat Sudan dan banyak yang lain.

“Pada tahun akhir ini, kita akan berani menanyakan dalam diri sendiri seberapa banyak nyawa manusia yang remuk karena perselisihan membawa senjata, seberapa banyak yang meninggal dan seberapa banyak keruntuhan, seberapa banyak kesengsaraan, seberapa banyak kemiskinan,” kata Paus.