Berita Updatean Sukarelawan Disiksa Anggota TNI, Ini Reaksi Keras Ganjar Pranowo dan PDIP. Beberapa sukarelawan Ganjar-Mahfud MD disiksa anggota TNI di muka basis Kompi B Yonif Raider 408/Sbh, Boyolali, Jawa tengah pada Sabtu siang, 30 Desember 2023. Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan partai pengusungnya, PDIP, memberi respon keras perlakuan itu

Lalu apa kata Ganjar dan PDIP ihwal sukarelawan Ganjar-Mahfud diperhitungkan disiksa pelaku anggota TNI ini?

Awalnya, peristiwa sangkaan kekerasan anggota TNI ke sukarelawan Ganjar-Mahfud dibetulkan oleh Kepala Pencahayaan Wilayah Militer (Kapemdan) IV/Diponegoro, Kolonel Inf Richard Harison. Waktu itu sejumlah anggota TNI sedang olahraga voli. Mereka lantas dengar suara berisik dari kendaraan motor dengan knalpot brong.

Pemakai kendaraan itu adalah beberapa partisipan atau sukarelawan Ganjar-Mahfud yang meng ikuti kampanye Ganjar di Kabupaten Boyolali. Berdasar informasi sementara yang faksinya terima, Richard menjelaskan, kejadian itu terjadi secara spontanitas karena ada salah paham di antara kedua pihak.

Kodam IV/Diponegoro tetap lakukan penyidikan dan pengkajian berkaitan kasus penindasan pada 2 orang sipil yang diperhitungkan dilaksanakan oleh sejumlah pelaku anggota TNI AD,” kata Richard lewat info sah yang diterima Tempo, Sabtu, 30 Desember 2023.

1. Ganjar peringatkan perlakuan sewenang-wenang pacu kemarahan masyarakat

Menyikapi sukarelawannya diperhitungkan disiksa pelaku TNI, Ganjar menjelaskan supaya aparatur jangan sewenang-wenang pada masyarakat. Jika warga lakukan kesalahan, katanya, ada yang bernama proses hukum. Karena menurut Ganjar perlakuan sewenang-wenang bisa memacu kemarahan masyarakat.

“Jika ada salah, diolah saja. Namun, jika sewenang-wenang, ingat jangan membuat masyarakat geram,” tutur Ganjar selesai berkunjung ke Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Ahad, 31 Desember 2023, dikutip dari Di antara.

Berita Updatean Sukarelawan Disiksa Anggota TNI, Ini Reaksi Keras Ganjar Pranowo dan PDIP

Berita Updatean Sukarelawan Disiksa Anggota TNI, Ini Reaksi Keras Ganjar Pranowo dan PDIP

2. Ganjar minta seluruh pihak jangan bermain hakim sendiri

Ganjar menghimbau ke seluruh pihak supaya tidak memakai kekerasan saat menuntaskan permasalahan. Apalagi sampai bermain hakim sendiri. Menurutnya, bila terjadi pelanggaran, aparatur yang perlu tangani lewat proses hukum. Tidak seorang juga, katanya, bisa berlaku sewenang-wenang. Hal tersebut dia sampai selesai menengok korban pada Ahad malam.

“Jika ada yang menyalahi kasih ke aparatur, aparatur yang perlu tangani. Tidak narasi bermain hakim sendiri. Ini narasi masyarakat yang perlu dapat diberitahukan. Siapa saja jangan mengatasdirikan apa pun itu dengan sewenang-wenang,” kata Ganjar dalam info tercatatnya.

3. PDIP sesali ada kekerasan oleh pelaku TNI dan pertanyaan masalah netralitas

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyesalkan berlangsungnya kekerasan dan penganiayaan oleh anggota TNI ke sukarelawan Ganjar-Mahfud di Boyolali itu. Faksinya protes keras perlakuan persekusi oleh aparatur dan mengingati masalah netralitas TNI. Hasto menunjuk pelaku itu adalah partisipan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

“Kami protes keras atas perlakuan pelaku TNI itu. Beberapa pelaku TNI itu melakukan tindakan semacam itu diperhitungkan sebab ada komponen-komponen dalam TNI yang menjadi partisipan Pak Prabowo karena sama berdasar belakang militer. Walau sebenarnya Prabowo telah dihentikan dari TNI,” kata Hasto dalam info resminya, Ahad, 31 Desember 2023.

Menurut Hasto, pola penindasan itu bukan lantaran beberapa Sukarelawan Ganjar memakai motor dengan knalpot brong. Tetapi, katanya, tindak kekerasan ini bermula dari kerancuan status Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan sebagai calon presiden. Hingga terbentuk kesan-kesan ada emotional bonding di kelompok pelaku TNI tertentu dengan Prabowo.