Berita KPK Lakukan 3 Program Hindari Korupsi di Pemilu 2024. Komisi Pembasmian Korupsi atau KPK mengatakan turut peran dalam penerapan Pemilu 2024, terutama dalam pekerjaan penangkalan tindak pidana korupsi. Hal tersebut dikatakan Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango waktu meng ikuti Rapat Koalisi Nasional 2023. Yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Istana olahraga Senayan, Jakarta pada Sabtu, 30 Desember 2023.

“Untuk menghambat tindak pidana korupsi pada penerapan pemilu, KPK sudah mempersiapkan tiga program, yakni lewat Politik Pintar Memiliki integritas (PCB). Kampanye ‘Hajar Gempuran Fajar’, dan program JAGA Pemilu,” kata Nawawi lewat penjelasannya, Ahad, 31 Desember 2023.

Nawawi menerangkan, untuk program PCB ada tiga serangkaian yang perlu digerakkan, yaitu penandatanganan maklumat antikorupsi parpol (Executive Briefing). Pemberian materi kredibilitas dan dana kampanye dari KPU, dan pemberian materi E-Learning politik dengan pengurus parpol sebagai pesertanya.

Untuk ‘Hajar Gempuran Fajar’ di beberapa wilayah sebagai usaha memberikan dukungan kampanye anti-politik uang. Kampanye ini dilaksanakan untuk mendidik warga supaya menampik semua bentuk suap mendekati Pemilu 2024,” katanya.

Seterusnya, di Pemilu 2024, KPK ikut bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Pelaksana Pemilu (DKPP) untuk jalankan program JAGA Pemilu. Program itu, kata Nawawi, untuk tempat warga sampaikan segalanya yang mereka saksikan yang disebut penyelewengan atau manipulasi di penerapan pemilu.

Berita KPK Lakukan 3 Program Hindari Korupsi di Pemilu 2024

Berita KPK Lakukan 3 Program Hindari Korupsi di Pemilu 2024

Tiga program ini telah kami lakukan bersama semenjak terciptanya KPU pemilu 2024, dan dengan beberapa tahapan aktivitas pemilu sampai di hari ini dan lima hari di depan. Kami ada bersama KPU dan jadi sisi dari penerapan pemilu tahun depannya,” katanya.

Awalnya, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan proses penyelenggaraan Pemilu di Indonesia jadi yang paling sulit di dunia.

“Pemilu di Indonesia kerap dipandang sebagai the most complicated election in the world . Maka, dipandang seperti pemilu yang paling sulit di dunia,” kata Hasyim d ikutip dari Di antara.

Hasyim menerangkan durasi waktu pengambilan suara pemilu di Indonesia yang paling singkat di dunia hanya karena dilaksanakan sepanjang enam jam atau start pukul 07.00 sampai 13.00. Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di luar negeri, KPU juga arahkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sekalian kantor perwakilan KPU di tempat untuk mengundang dubes dari beberapa negara teman dekat buat melihat proses pengambilan suara.