Berita Politik Jokowi Jumpai Beberapa Kepala Dusun di Istana, TPN Ganjar-Mahfud Wanti-Wanti Masalah Netralitas.. Deputi Hukum Team Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo -Mahfud Md (TPN Ganjar-Mahfud), Todung Mulya Lubis, memberi komentar masalah tatap muka Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan beberapa kepala wilayah di Istana Negara pada Jumat tempo hari, 29 Desember 2023. Todung mengatakan tidak dapat mempersalahkan bila tatap muka itu memunculkan pemahaman ada keterpihakan aparatur pada pasangan capres dan wapres tertentu.

“Ini ada benang merahnya, ada rekanannya. Pasti saya tidak mempersalahkan jika ada ringkasan semacam ini. Seharusnya interferensi pada semua aparatur, termasuk ke kades tidak dilaksanakan karena pemahaman public itu akan menjelaskan ada keterpihakan,” kata Todung saat dijumpai di teritori Menteng, pada Jumat petang, 29 Desember 2023.

Dalam saat kampanye semacam ini, menurut Todung, posisi kades benar-benar vital. Menurutnya, kades mempunyai jalinan secara langsung dengan pemilih di dusun yang dipegangnya.

Pesan supaya tidak ada keterpihakan ke paslon tertentu
Menurutnya, kades atau pimpinan ponpes dalam asumsi warga dipandang sebagai pimpinan tidak resmi yang suaranya didengarkan. Karenanya, ia mewanti-wanti supaya tatap muka itu tidak mengulas masalah support pada pasangan tertentu.

Maka ya, ini yang ingin dijaga. Janganlah sampai panggilan ini dapat memunculkan pemahaman public atau sikap pemilih saat lakukan pemilihan,” kata Todung.

Meski begitu, Todung tidak ingin ambil ringkasan bila tatap muka itu adalah usaha galang support ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Gibran tidak lain ialah putra pertama Presiden Jokowi. Anda yang mengaitkan sendiri, jangan saya,” kata Todung sambil ketawa.

Berita Politik Jokowi Jumpai Beberapa Kepala Dusun di Istana, TPN Ganjar-Mahfud Wanti-Wanti Masalah Netralitas.

 

Berita Politik Jokowi Jumpai Beberapa Kepala Dusun di Istana, TPN Ganjar-Mahfud Wanti-Wanti Masalah Netralitas.

Koalisi Kepala Dusun Claim Tidak Disuruh Bantu Prabowo-Gibran oleh Jokowi
Koalisi Lintasi Federasi Kepala Dusun mengeklaim tidak ada instruksi untuk memberikan dukungan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dari Presiden Jokowi dalam tatap muka di Istana Negara Jumat tempo hari. Sekretaris Jenderal Perkumpulan Aparat Pemerintah Dusun Semua Indonesia (PAPDESI) Senthot Rudi Prastiono mengatakan tatap muka itu mengulas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 mengenai Dusun.

“Tidak ada. Barusan benar-benar tidak menyentuh politik,” kata Senthot selesai tatap muka di Istana.

Presiden Jokowi sebelumnya pernah panggil APDESI ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 7 November 2023. Salah satunya orang yang datang pada pertemuan tersebut ialah Surtawijaya. Kades yang dulu pernah memberikan dukungan Jokowi untuk memegang tiga masa. Surtawijaya menjelaskan dalam tatap muka dengan presiden diulas masalah koreksi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 mengenai dusun, yang satu diantaranya mengulas ekstensi saat kedudukan kades.

Sekian hari sesudahnya, beberapa ribu kades melangsungkan Bersilahturahmi Nasional Dusun Berpadu di Indonesia Tempat, Jakarta, Ahad, 19 November 2023. Pada acara itu beberapa kades dan pirantinya memberi signal support ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.