Gubernur Sulut : Akses Internet Tolong Anak Sekolah Kepulauan Talaud. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey suka, karena sudah disahkan dan dioperasionalkan signal Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti dan Integratif Satelit Satria-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Menurut dia, itu akan menolong warga di tepian.

“Pengesahan BTS 4G dan Satria-1 benar-benar menolong warga di Kepulauan Talaud memperoleh koneksi internet yang ideal,” kata Gubernur Olly dalam sambutannya di pengesahan BTS dan Satria-1 yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo, Kamis, 28 Desember 2023.0

Warga Talaud dan semua pulau paling luar di Sulawesi Utara sudah lama menunggu akses informasi yang oke. Karenanya, Olly mengucapkan terima kasih ke Presiden Jokowi, karena telah menjawab keperluan warga di Talaud.

“Kami mengucapkan terima kasih ke Presiden Jokowi yang sudah menjalankan BTS 4G, karena menolong untuk beberapa anak sekolah yang memerlukan koneksi internet,” tutur Olly.

Apalagi, koneksi internet dengan kemampuan yang tinggi sekali menolong beberapa sekolah, Puskesmas sampai warga dapat menyerap tehnologi itu. Olly juga mengharap capaian internet dapat teresap ke semua daerah Talaud yang bersebelahan secara langsung dengan negara tetangga Filipina.

Sekarang anak sekolah di sini dapat memperoleh informasi cepat dengan internet. Service kesehatan akan tertolong. Sementara ekonomi masyarakat makin maju dengan mekanisme digitalisasi,” kata Olly.

Presiden Jokowi juga sudah memperjelas jika project BTS 4G dilaksanakan untuk kebutuhan masyarakat. Karenanya, Jokowi tidak ingin karena permasalahan korupsi, project tidak diteruskan atau terbengkalai.

Janganlah sampai ada permasalahan hukum, proyeknya disetop. Proses hukumnya dilaksanakan, ininya (proyeknya) tidak dapat dilanjutkan. Telah uangnya lenyap, proyek-nya tidak jalan, rugi kanan-kiri, semua rugi,” kata Jokowi.

Gubernur Sulut : Akses Internet Tolong Anak Sekolah Kepulauan Talaud

Gubernur Sulut : Akses Internet Tolong Anak Sekolah Kepulauan Talaud

Jokowi mengucapkan syukur sekitaran 4.990 project BTS 4G bisa dituntaskan, walau masih tetap ada 630 lokasi BTS 4G yang belum sempat dituntaskan yaitu di Tanah Papua. “Memang di situ medannya juga susah, keamanannya perlu ditemani,” katanya.

Menurut dia, Indonesia ialah negara besar dengan belasan ribu pulau. Hal tersebut, Jokowi meneruskan, membuat fasilitas infrastruktur jadi penting dipicu walaupun implikasi tidak mudah.

“Indonesia ialah negara kepulauan, berlainan dengan negara yang lain cuman satu dataran. Tetapi pembangunan terus kita mempercepat,” tutur Jokowi.

Jokowi juga memperjelas, pengesahan signal BTS penting saat menjadikan satu loyalitas pembangunan bangsa di tanah air. Di situ, Jokowi sebelumnya sempat menegur beberapa yang menerima faedah operasionalisasi signal BTS 4G di beberapa daerah di Indonesia yang ikut datang secara online lewat pertemuan video, diantaranya Unit Pekerjaan Penyelamatan Tepian Indonesia-Malaysia di Kalimantan Utara dan Kepala SMKN 3 Kabupaten Binjai, Sulawesi Selatan.