Profil Tim dan Daftar Pemain Ukraina untuk Euro 2024 Euro 2024 adalah Piala Eropa ke-4 bagi tim nasional Ukraina. Tiga partisipasi mereka sebelumnya adalah pada tahun 2012 (menjadi tuan rumah bersama Polandia), 2016, dan 2020.

Profil Tim dan Daftar Pemain Ukraina untuk Euro 2024

Pencapaian tertinggi Ukraina di Euro adalah ketika mereka mencapai perempat final Euro 2020. Lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik dari Grup C, Ukraina mengalahkan Swedia 2-1 dalam perpanjangan waktu di babak 16 besar. Mereka kemudian kalah 0-4 dari Inggris di babak delapan besar.

Ukraina lolos ke Euro 2024 dari babak play-off kualifikasi. Berada di posisi ketiga di Grup C kualifikasi, di belakang Inggris dan Italia, Ukraina kemudian mengalahkan Bosnia dan Islandia di babak play-off.

Para pemain bintang: Artem Dovbyk

Di La Liga 2023/2024, Girona tampil sensasional. Tim yang hanya finis di posisi ke-10 pada musim sebelumnya, bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona. Girona sempat memimpin klasemen, namun akhirnya harus puas finis di posisi ketiga.

Salah satu pemain kunci Girona adalah Artem Dovbyk. Striker asal Ukraina berusia 26 tahun ini mencetak total 24 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak di musim debutnya di negara ini.

Dovbyk juga menjadi pemain pertama di luar Real Madrid dan Barcelona sejak 2008/2009 yang meraih gelar pencetak gol terbanyak La Liga.

Profil Pelatih: Serhiy Rebrov

Kini, pria kelahiran 3 Juni 1974 ini menjabat sebagai pelatih tim nasional Ukraina.

Rebrov sebelumnya pernah melatih mantan klubnya, Dynamo Kiev. Ia kemudian menangani Al-Ahli, Ferencvaros, dan Al-Ain.

Rebrov menangani Ukraina sejak 7 Juni 2023. Ia membawa Ukraina lolos ke Jerman.

Skuat Ukraina

Pemain Kiper: Heorhiy Bushchan (Dynamo Kiev), Anatoliy Trubin (Benfica), Andriy Lunin (Real Madrid)

Pemain Belakang: Mykola Matviyenko (Shakhtar Donetsk), Vitaliy Mykolenko (Everton), Illya Zabarnyi (Bournemouth), Oleksandr Tymchyk (Dynamo Kiev), Yukhym Konoplya (Shakhtar Donetsk), Bohdan Mykhaylichenko (Polissya Zhytomyr), Valeriy Bondar (Shakhtar Donetsk), Maksym Talovyerov (LASK), Oleksandr Svatok (Dnipro-1)

Player Tengah: Serhiy Sydorchuk (Westerlo), Oleksandr Zinchenko (Arsenal), Ruslan Malinovskyi (Genoa), Viktor Tsyhankov (Girona), Taras Stepanenko (Shakhtar Donetsk), Oleksandr Zubkov (Shakhtar Donetsk), Mykola Shaparenko (Dynamo Kiev), Heorhiy Sudakov (Shakhtar Donetsk), Volodymyr Brazhko (Dynamo Kiev), Mykhailo Mudryk (Chelsea)

Penyerang: Roman Yaremchuk (Valencia), Vladyslav Vanat (Dynamo Kiev), Andriy Yarmolenko (Dynamo Kiev), Artem Dovbyk (Girona)

Jadwal pertandingan Euro 2024 Ukraina

17 Juni 2024, pukul 20:00 WIB Rumania vs Ukraina – Grup E (Fussball Arena Munchen, Munchen)

21 Juni 2024, 20:00 WIB Pemain Slovakia vs Ukraina – Grup E (Dusseldorf Arena, Dusseldorf)

26 Juni 2024, 23:00 WIB Ukraina vs Belgia – Grup E (Stuttgart Arena, Stuttgart)