Menjelajahi Masjid Presiden Jokowi yang Megah di Abu Dhabi Masjid Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Abu Dhabi melambangkan kedekatan hubungan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam 10 tahun terakhir. Masjid yang sudah beroperasi selama 7 bulan ini dibangun dengan sangat megah. Bagaimana potret kemegahan masjid tersebut?
detikcom menjelajahi dan menunaikan ibadah salat di Masjid Presiden Jokowi pada Selasa (16/7/2024). Masjid ini terletak di kawasan diplomatik Abu Dhabi dan dilalui Jalan Presiden Jokowi.

Sesampainya di depan masjid, mata langsung disuguhi gapura putih melengkung dan tulisan ‘Masjid Presiden Joko Widodo’ di sebelah kiri dan tulisan Arab di sisi kanan.

Halaman tersebut beralaskan keramik dan terdapat beberapa tanaman sebagai penghias. Di ujung halaman terdapat tempat wudhu pria, sedangkan mushola berada di sisi kiri halaman.

Mushola pria dan wanita dibangun terpisah dan dipisahkan oleh tembok. Di sisi kiri halaman adalah ruang salat untuk pria, sedangkan untuk wanita Anda harus berjalan lagi ke arah belakang masjid.

Kedua ruang salat tersebut memiliki ornamen yang sama. Ruang salat memiliki karpet berwarna biru dan juga peralatan salat. Terdapat pula lemari kayu di ujung ruangan untuk menyimpan alat sholat dan Al Qur’an.

Menjelajahi Masjid Presiden Jokowi yang Megah di Abu Dhabi

Tempat wudhu untuk pria dan wanita juga terlihat sama. Area wudhu terpisah dari kamar mandi. Konsep area wudhu terlihat modern dengan adanya tempat duduk di setiap keran air.

Area ini terlihat bersih dan nyaman. Sedangkan untuk area sholat, ornamen dinding dan plafon menambah keindahan masjid.

Khusus di area sholat pria, jika masuk lebih dalam lagi terdapat pintu lain untuk memasuki sebuah ruangan. Ruangan ini bisa dibilang ruangan inti dari masjid namun tidak selalu terbuka. Ruangan ini hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu saja seperti salat Jumat dan salat Idul Fitri.

Dibandingkan dengan yang lain, ruangan ini terlihat sangat megah. Di langit ruangan ini terdapat ukiran Asmaul Husna.

Diketahui, Masjid Presiden Joko Widodo mulai dibangun pada tahun 2021 dan selesai sekitar bulan Oktober 2023. Masjid ini kemudian dibuka untuk umum pada 14 Desember 2023. Peresmian diawali dengan penanaman pohon mangga, foto bersama, salat zuhur, dan diakhiri dengan doa bersama.

Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA), YM Suhail Al Mazroei, Kepala Awqaf (Otoritas Umum Urusan Islam dan Waqaf), Dr. Omar Habtoor Al-Direi, Duta Besar Indonesia untuk UEA, YM Husin Bagis dan Duta Besar UEA untuk Indonesia dan Duta Besar LBBP UEA untuk Timor Leste, dan ASEAN, YM Abdullah Salem Aldhaheri.

Kehadiran Masjid Presiden Joko Widodo melambangkan kedekatan kedua negara setelah hadirnya President Joko Widodo Street di Abu Dhabi, sedangkan di Indonesia dilambangkan dengan hadirnya Masjid Syekh Zayed Solo dan Tol Layang MBZ.