7 Aktor yang Meloloskan Inggris ke Perempat Final Euro 2024 Timnas Inggris berhasil meraih kemenangan dramatis pada babak 16 besar Euro 2024. Nyaris dipulangkan oleh Slovakia, The Three Lions justru berhasil lolos ke babak perempat final kejuaraan antar negara Eropa tersebut.

7 Aktor yang Meloloskan Inggris ke Perempat Final Euro 2024

Pada pertandingan tersebut, Timnas Slovakia berhasil unggul 1-0 lebih dulu sampai menit ke-90. Namun timnas Inggris berhasil menyamakan kedudukan beberapa detik sebelum waktu normal berakhir sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Inggris menunjukkan kelasnya dan sukses mengalahkan Slovakia dengan skor 2-1.

Declan Rice

Aktor pertama di balik suksesnya comeback Inggris melawan Slovakia adalah Declan Rice.

Gelandang Arsenal tersebut tampil perkasa dalam laga tersebut. Dia menjadi sosok yang mendikte tempo permainan Inggris, dimana sebagai gelandang bertahan dia juga kerap turun membantu lini pertahanan.

Rice juga membuat peluang berbahaya pada pertandingan ini, di mana ia nyaris menyamakan kedudukan andai tendangannya tidak membentur mistar gawang.

Cole Palmer

Cole Palmer baru masuk di babak kedua. Namun pemain sayap Chelsea ini menunjukkan bahwa dirinya layak untuk bermain lebih sering di skuad Chelsea.

Ia menjadi ancaman di sisi sayap Inggris. Tusukan-tusukannya membuat lini pertahanan Slovakia ketar-ketir.

Kontribusi terbaiknya dalam pertandingan ini adalah berkat tendangan bebasnya di masa tambahan waktu, Inggris berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 berkat gol Harry Kane.

Kyle Walker

Kyle Walker juga menjadi sosok yang berjasa membawa timnas Inggris memenangkan pertandingan melawan Slovakia ini.

Bek Manchester City ini sempat tampil kurang oke di waktu normal. Dia juga sempat melakukan miskomunikasi dengan John Stones yang nyaris membuat Slovakia mencetak gol kedua dari tengah lapangan.

Namun pada babak perpanjangan waktu, terutama pada babak kedua perpanjangan waktu, Walker tampil perkasa. Ia benar-benar menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Inggris sehingga serangan bertubi-tubi dari Slovakia tidak membuahkan gol penyama kedudukan.

Jude Bellingham

Jude Bellingham sebenarnya nyaris menjadi salah satu pemain terburuk dalam pertandingan ini. Namun pemain Real Madrid ini sukses menunjukkan mentalitas elitnya.

Selama 90 menit pertandingan, Bellingham minim memberikan kontribusi. Ia kerap kehilangan bola dan penyelesaian akhirnya begitu buruk.

Namun 30 detik sebelum Inggris tersingkir dari babak 16 besar, ia mencetak gol spektakuler yang membuat Inggris menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan tidak jadi pulang. Tanpa kehadiran Bellingham, Inggris pasti sudah tersingkir dari babak ini.

Harry Kane

Senada dengan Bellingham, Kane juga tidak berada dalam performa terbaiknya di sepanjang pertandingan.

Sang striker memiliki sejumlah peluang emas dalam pertandingan ini. Namun ia gagal menyelesaikannya menjadi gol.

Barulah pada babak perpanjangan waktu, ia berhasil mencetak gol dan sukses membawa Inggris lolos ke babak perempat final.

Ivan Toney

Aktor berikutnya di balik kemenangan Inggris atas Slovakia tak lain adalah Ivan Toney.

Ia baru masuk pada masa injury time. Dia juga hanya melepaskan satu tembakan dalam pertandingan ini.

Namun kontribusi penyerang Brentford tersebut cukup baik.

Dialah yang memberikan assist kepada Harry Kane, di mana kapten Inggris tersebut berhasil memanfaatkan umpan sundulan Toney menjadi gol kemenangan The Three Lions.

Gareth Southgate

Mayoritas pendukung Inggris merasa kesal dengan Gareth Southgate dalam pertandingan ini. Namun pelatih berusia 52 tahun tersebut juga menjadi sosok penentu kemenangan Inggris dalam pertandingan ini.

Pada babak pertama, performa Inggris bisa dikatakan jauh dari kata memuaskan. Taktik Southgate tidak berjalan mulus sehingga Inggris kebobolan pada pertandingan ini.

Namun Southgate melakukan beberapa perubahan penting di babak kedua. Cole Palmer, Ivan Toney dan Eberechi Eze benar-benar membuat perbedaan saat serangan Inggris menjadi lebih hidup.

Saat Inggris unggul 2-1 di babak perpanjangan waktu, Southgate juga dengan cepat mengubah taktiknya. Ia menanggalkan skema lima bek, dan keputusannya sangat jitu karena dengan skema ini Inggris dapat meredam serangan-serangan mematikan Slovakia. Jadi Southgate layak mendapatkan kredit atas lolosnya timnas Inggris.

Lawan Inggris Selanjutnya

Timnas Inggris memiliki waktu sekitar lima hari untuk mempersiapkan diri. Mereka akan memainkan pertandingan perempat final Euro 2024 pada Sabtu (6/7/2024) malam.

Mereka akan menghadapi timnas Swiss di Dusseldorf untuk memperebutkan satu tiket ke babak semifinal.