Hasil Euro 2024, Timnas Spanyol vs Kroasia: Skor 3-0 Tim nasional Spanyol mengawali perjalanan mereka di Euro 2024 dengan hasil gemilang. Menghadapi tim kuat, Pemain Kroasia, La Furia Roja menang dengan skor telak 3-0.

Hasil Euro 2024, Timnas Spanyol vs Kroasia: Skor 3-0

Spanyol unggul lebih dulu pada babak pertama berkat gol-gol dari Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.

Berkat hasil ini, Timnas Spanyol kini berada di peringkat pertama pada klasemen sementara grup B Euro 2024, sedangkan Kroasia mendekam di dasar klasemen.

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di Olympiastadion ini dimulai dengan intensitas yang cukup tinggi. Kedua tim berusaha untuk mencetak gol lebih dulu pada pertandingan ini.

Timnas Spanyol yang tampil sedikit lebih dominan di awal pertandingan berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-29.

Gol Morata membuat Spanyol semakin on fire. Menerima umpan pendek dari Pedri, Fabian Ruiz melewati beberapa pemain bertahan Kroasia sebelum melepaskan tembakan yang berbuah gol kedua Spanyol pada pertandingan ini.

Tertinggal 2-0, Kroasia langsung merespon dengan meningkatkan tempo serangan mereka. Pada menit ke-33, Unai Simon dipaksa melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tendangan Brozovic. Gvardiol juga mengancam lewat tendangannya pada menit ke-41, namun bola masih melebar.

Di masa injury time, Spanyol sukses memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal tiga gol di babak pertama, Kroasia memutuskan untuk bermain lebih agresif.

Pada menit ke-53, gawang Kroasia nyaris kembali bobol andai Livakovic tidak melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan Yamal.

Merasa timnya kurang maksimal, Zlatko Dalic melakukan sejumlah pergantian pemain.

Pada menit ke-78, Spanyol mendapatkan hadiah penalti setelah Rodri melanggar Bruno Petkovic di dalam kotak penalti. Sang penyerang mengambil sendiri tendangan penalti tersebut, dan tendangannya berhasil ditepis oleh Unai Simon. Namun bola jatuh ke Ivan Perisic dan sang gelandang memberikan umpan pendek kepada Petkovic dan sang striker mencetak gol.

Sayangnya, gol tersebut dianulir oleh VAR, karena Perisic telah lebih dulu maju sebelum Petkovic mengeksekusi tendangan penalti, sehingga gol sang striker tidak sah.

Di sisa waktu babak kedua, Kroasia terus meningkatkan serangan, namun skor 3-0 tetap bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak kedua.

Susunan Pemain Kedua Tim

Spanyol (4-3-3): Simon; Cucurella, Le Normand, Nacho, Carvajal; Ruiz, Rodri, Pedri; Williams, Morata, Yamal

Pelatih Luis De La Fuente

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Gvardiol, Pongracic, Sutalo, Stanisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Budimir, Majer

Pelatih Zlatko Dalic

Statistik Pertandingan

Spanyol – Kroasia
Gol 3-0
Total Tembakan: 11-16
Tembakan Tepat Sasaran: 5-5
Penguasaan Bola 46%-54%
Pelanggaran: 13-11
Offsides: 2-1