3 Pemain Timnas Arema FC yang Layak Dipanggil Shin Tae-yong Timnas Indonesia dipastikan akan mengubah kerangka tim mereka pada Piala AFF 2024 mendatang. Pasalnya, pada ajang yang dikabarkan akan digelar pada Desember 2024 sampai Januari 2025 mendatang, Skuat Garuda akan menurunkan tim U-22.

Keputusan untuk menurunkan tim Indonesia U-22 di ajang tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menurutnya, ajang ini juga memberikan kesempatan bagi tim Garuda Muda untuk mempersiapkan diri menuju SEA Games 2025.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tentu tidak perlu khawatir dengan keputusan ini. Pasalnya, banyak pemain U-22 yang mulai mekar bersama klubnya masing-masing.

3 Pemain Timnas Arema FC yang Layak Dipanggil Shin Tae-yong

Di skuat Arema FC, misalnya. Di tim juara Piala Presiden 2024 ini ada sejumlah pemain muda yang tampil apik saat mendapat kesempatan. Bahkan, ada tiga di antara pemain U-22 ini yang menjadi tulang punggung tim berlogo singa mengepal ini.

Secara performa, tiga pemain muda Arema FC ini layak dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Indonesia di Piala AFF U-22 2024.

Arkhan Fikri

Gelandang Arema FC ini merupakan tambahan yang sangat berharga bagi ruang mesin Skuat Garuda pada ajang tersebut.

Arkhan memiliki kemampuan untuk dimainkan sebagai gelandang bertahan maupun gelandang tengah.

Arkhan sendiri sudah berpengalaman bermain dengan seragam Merah Putih. Pemain kelahiran Serdang Bedagai ini telah membela Merah Putih sebanyak 28 kali di semua kelompok umur, termasuk tiga kali bersama timnas senior. Dengan reputasi tersebut, peluang Arkhan untuk dipanggil ke Piala AFF 2024 terbuka lebar.

Achmad Maulana Syarif

Achmad Maulana Syarif menjadi nama pemain Arema FC kedua yang layak dipertimbangkan untuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2024. Hal ini tak lepas dari penampilan ciamik pemain berusia 21 tahun tersebut belakangan ini.

Beberapa waktu lalu, Syarif dimainkan di sektor bek sayap. Padahal, aslinya, dia biasa bermain di sektor sayap. Namun, perubahan posisi ini justru menjadi berkah tersendiri bagi Syarif. Ia mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan tampil apik di sektor bek sayap.

Mewakili Indonesia di kancah internasional bukanlah hal baru bagi Sharif. Ia sudah 12 kali membela Merah Putih di kelompok usia I-20 dan U-22.

Salim Akbar Tuharea

Nama terakhir dalam daftar pemain Arema FC kedua yang layak dipertimbangkan masuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2024 adalah Salim Akbar Tuharea. Sama seperti dua rekannya, gelandang Arema FC ini juga menunjukkan permainan gemilang dalam beberapa waktu terakhir.

Salim tampil gemilang dan menjadi bagian penting Arema FC di Piala Presiden 2024. Bermain di sektor sayap, pemain 22 tahun ini sudah mencetak dua gol bagi Arema.

Sama seperti Arkhan dan Syarif, berseragam Merah Putih juga bukan hal yang asing bagi Salim. Ia sempat dipanggil untuk bergabung dengan skuat Indonesia pada ajang Piala AFF U-23 lalu. Namun, pada ajang tersebut, Salim hanya duduk di bangku cadangan.