Made Rita dan Rajiah Sallsabillah di Perempat Final Panjat Tebing Dua wakil atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah, optimis bisa meraih kemenangan pada babak perempat final nomor speed Olimpiade Paris 2024 ini. Hal itu mereka sampaikan setelah melewati babak kualifikasi di Le Bourget Climbing Venue, Senin (5/8/2024).

Babak kualifikasi dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap eliminasi. Pada tahap penyisihan, Desak mencatatkan waktu 6,52 detik di jalur A dan 6,45 detik di jalur B, sehingga menempati posisi ke-6. Rajiah mencatatkan waktu 6,67 detik di jalur A dan 6,58 detik di jalur B, sehingga menempati posisi ke-7.

Made Rita dan Rajiah Sallsabillah di Perempat Final Panjat Tebing

Di babak eliminasi, yang menjadi penentu untuk lolos ke babak perempat final, Desak memastikan diri lolos ke babak perempat final dengan catatan waktu 6,38 detik. Sementara itu, Rajiah yang sempat terpeleset mencatatkan waktu 6,58 detik.

Namun, Rajiah tetap lolos ke perempat final satu tempat tersisa berhak ditempati oleh atlet yang kalah di babak penyisihan namun masih memiliki catatan waktu terbaik di babak penyisihan.

Ketenangan dan Konsentrasi Jadi Kunci Penting

Untuk dapatkan hasil yang terakhir di penyisihan ada sedikit kesalahan, dan untuk yang kedua, dapat personal best. Kalau dibilang sih bagus, untuk standar apapun, lebih bagus dari tempat latihan, kata Rajiah seperti dilansir Antara.

Atlet berusia 25 tahun asal Banten ini mengaku sempat cemas sesaat sebelum bertanding, namun berhasil melawannya dengan tenang dan fokus. “Apapun hasilnya nanti (perempat final), yang pasti saya ingin menampilkan yang terbaik, dan semoga saja hasilnya bisa lolos ke babak selanjutnya,” katanya.

Di sisi lain, Desak mengaku akan berusaha untuk lebih fokus dan tenang saat tampil di babak perempat final nanti. “Hasilnya memang masih kurang bagus. Saya tidak terlalu memikirkan catatan waktu, yang pasti saya ingin naik podium. Saya cukup deg-degan dan belum lega kalau belum naik podium,” ujarnya.

Bertekad Melakukan yang Terbaik

Desak yang berusia 23 tahun dan berasal dari Bali ini juga menyatakan bahwa pelatihnya, Hendra Basir, telah menginstruksikannya untuk lebih fokus dan tenang saat bertemu dengan Cheng Deng yang merupakan wakil dari Tiongkok.

“Semua orang pasti gugup. Fokus saja ke diri sendiri, tunjukkan waktu terbaik, dan tunjukkan performa terbaik saat latihan sebelumnya,” pungkasnya.

Pertandingan perempat final panjat tebing putri akan berlangsung pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Sumber Sumber: Antara