Apple Targetkan Jual 100 Juta Unit iPhone Seri 16 Tahun Ini! Apple tampaknya percaya diri bahwa iPhone 16 series akan laris manis. Kabarnya Apple telah meningkatkan produksi chip A18 untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Pro.

Menurut laporan China Times, Apple telah meningkatkan pesanan chip A18 dari TSMC. Ceo iPhone telah pesanan chip yang lebih besar untuk iPhone keluaran terbaru ini di bulan September mendatang, Apple diperkirakan akan menjual sekitar 90 juta hingga 100 juta unit iPhone seri 16.

Apple Targetkan Jual 100 Juta Unit iPhone Seri 16 Tahun Ini!

Angka ini lebih tinggi dari volume pesanan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro pada September 2023, yang berjumlah 80 juta hingga 90 juta unit. Saat itu, pesanan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro turun dari tahun sebelumnya karena adanya prediksi penurunan permintaan ponsel global pada paruh kedua 2023.

Kehadiran Apple Intelligence yang diumumkan di ajang WWDC 2024 kemarin kemungkinan besar akan berkontribusi besar dalam meningkatkan permintaan seri iPhone 16. Apalagi, saat ini baru iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang bisa mengakses fitur Apple Intelligence.

Media China

Laporan China Times menambahkan bahwa seri iPhone 16 dan iPhone 16 Pro akan menggunakan chip A18. Namun sama seperti seri iPhone 15, chip A18 pada iPhone 16 Pro dan versi non-Pro akan dibedakan.

Chip A18 Pro & Pro Max

Laporan dari media China Times mengklaim iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan menggunakan chip A18 versi reguler. Chip A18 ini dikatakan bakal akan mengusung desain seperti A17 Pro, tapi menggunakan pemrosesan ‘N3E’ terbaru di TSMC.

Pemrosesan N3E diklaim memberikan performa dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan N3B. Saat ini TSMC sudah menggunakan pemrosesan N3E untuk chip M4 yang digunakan oleh iPad Pro OLED terbaru, demikian dikutip dari Apple Insider, Selasa (2/7/2024).

Desain Baru & Warna Baru Pro & Pro Max

Sementara itu, Keluaran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max ini akan menggunakan chip A18 Pro dengan desain baru. bocoran dari media china chip ini akan memiliki ukuran die yang lebih besar untuk meningkatkan kapasitas Neural Engine namun dengan konfigurasi GPU 6-core yang sama dengan A17 Pro.

Siap Hadapi iPhone 16, Foxconn Tambah Pekerja Pabrik

Setiap pertengahan tahun, Foxconn selalu merekrut pekerja tambahan untuk bekerja di pabrik perakitan iPhone, begitu juga dengan tahun 2024 ini.

Dilansir dari Phone Arena, Jumat (12/7/2024) Foxconn saat ini merekrut lebih banyak pekerja untuk jalur perakitan di pabrik terbesar mereka yang berlokasi di Zhengzhou, China. Hal ini berarti mereka sedang menggenjot produksi massal iPhone 16 yang akan dirilis (mungkin) pada bulan September mendatang.

Para pekerja baru ini akan mendapatkan gaji sebesar 25 yuan atau sekitar Rp 55 ribu per jam.

Musim sibuk untuk pabrik Foxconn di Zhengshou telah dimulai. Ada gaji tinggi untuk pekerja sementara dan pekerja lama yang ingin bekerja kembali, tulis sebuah lowongan pekerjaan di agen tenaga kerja setempat.

Gaji tersebut lebih tinggi dari yang diterima oleh “A” Foxconn, yang merupakan unit dalam tim produksi iPhone. Pekerja di unit tersebut hanya menerima bonus hingga 6.000 yuan.

Foxconn juga menaikkan upah pekerja di pabriknya di Shenzhen menjadi antara 21 dan 22 yuan per jam untuk pekerja sementara. Pabrik Shenzhen juga akan memproduksi jajaran iPhone 16.

Pabrik Shenzhen juga berusaha mengajak orang-orang yang dulu bekerja di pabrik tersebut untuk kembali bekerja, tentunya untuk meningkatkan jumlah produksi iPhone 16 di sana. Mereka ditawari gaji bulanan hingga 6.000 yuan atau sekitar Rp 13 juta untuk tiga bulan pertama.

Diperkirakan Apple akan merilis empat jenis iPhone pada September mendatang. Mereka adalah iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, serta iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Panel layar untuk jajaran iPhone tersebut sudah mulai diproduksi massal sejak Juni 2024.

Semua varian iPhone 16 diperkirakan akan menjalankan Apple Intelligence.