Pertemuan Antara Jokowi-MBZ di Abu Dhabi Hasilkan Kesepakan? Apa sajakah kesepakatan-kesepakatan tersebut?
Pertemuan digelar di Istana Qasr al Watan, Abu Dhabi, UEA, Rabu (17/7/2024). Dalam pertemuan tersebut, ada delapan kesepakatan yang dibacakan.

Berikut Lima kesepakatan tersebut:

kesepahaman antara Kementerian BUMN dan Eagle Hills terkait pariwisata dan transportasi udara;
Nota kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan dengan Dubai International Financial Center Authority terkait pendirian Financial Center di IKN;
Kesepahaman antara BRIN dan Emirates Nuclear Energy (ENEC) mengenai energi nuklir;
Nota Kesepahaman antara BI dan UAECB mengenai sistem pembayaran;
Kesepahaman antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Keuangan terkait Pengelolaan Keuangan Negara;
Perjanjian Kerangka Kerja antara PT DI & PAL Dirgantara mengenai Alih Teknologi Pesawat Patroli Maritim dan Kapal Perang Anti Kapal Selam

Pertemuan Antara Jokowi-MBZ di Abu Dhabi Hasilkan Kesepakan?

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi menyampaikan empat hal kepada Presiden MBZ.

Indonesia-Uni Emirat Arab Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA).

Yang Mulia, saya ingin menyampaikan 4 hal, yaitu yang pertama terkait kerja sama perdagangan. Alhamdulillah, negosiasi CEPA telah selesai dan UEA merupakan negara Timur Tengah pertama yang memiliki kerja sama CEPA dengan Indonesia, kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengapresiasi kerja sama investasi di beberapa proyek strategis, terutama investasi UEA di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan proyek-proyek hilirisasi.

Yang kedua terkait kerja sama investasi strategis, investasi UEA-Indonesia semakin kuat, dan salah satu fokus Indonesia saat ini adalah pembangunan ibu kota baru nusantara dan hilirisasi industri, ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada UEA atas kerja sama pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata di Purwakarta. Jokowi juga menyambut baik pembangunan Pusat Penelitian Mangrove di Bali yang dibangun atas kerja sama dengan UEA.

Ketiga, terkait kerja sama iklim dan energi bersih, saya mengapresiasi hubungan investasi PLTS terapung di Cirata sebesar 145 megawatt yang akan dikembangkan menjadi 500 megawatt, ujarnya.

Terakhir, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada NU dan Muhammadiyah atas penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024.