Profil Dua Finalis Euro 2024, Spanyol vs Inggris Final Euro 2024 akan mempertemukan dua tim kuat: Spanyol vs Inggris. Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung sengit. Spanyol masih lebih meyakinkan dengan penampilan yang solid, namun Inggris menunjukkan daya tahan yang luar biasa untuk meraih kemenangan.

Pentas Euro 2024 baru saja selesai memainkan pertandingan semifinal kedua. Inggris memastikan diri lolos ke partai final Piala Eropa 2024 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Profil Dua Finalis Euro 2024, Spanyol vs Inggris

Inggris pun menyusul Spanyol yang berhak bermain di final setelah sehari sebelumnya menyingkirkan Prancis di babak semifinal, juga dengan skor identik, 2-1.

Kini kedua tim tengah mempersiapkan diri untuk partai final. Spanyol sedikit lebih diunggulkan, namun Inggris tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Melawan Spanyol, Inggris mungkin harus berusaha untuk tidak kebobolan terlebih dahulu. Hal itu akan membuat Inggris berada dalam situasi yang buruk.

Spanyol tidak sama dengan lawan-lawan Inggris sebelumnya. Mereka lebih menakutkan.

Berikut ini profil kedua finalis Euro 2024: Spanyol vs Inggris selengkapnya.

Perjalanan Inggris Menuju Final Euro 2024

Inggris berjuang keras untuk mencapai performa terbaik mereka di Euro 2024. Mereka memang berhasil mencapai final, namun bukan berarti semuanya berjalan dengan mudah dan mulus.

Di babak penyisihan grup, Inggris secara ajaib mampu finis sebagai juara Grup C dengan hanya mengoleksi 5 poin. Mereka hanya menang sekali, imbang dua kali.

Kemudian, di fase gugur, Inggris beruntung memiliki pemain-pemain seperti Jude Bellingham, Bukayo Saka, dan Harry Kane. Para pemain bintang ini selalu ada saat dibutuhkan, mencetak gol-gol krusial atau kontribusi lainnya.

Yang terbaru, di babak semi-final, Inggris menyingkirkan Belanda dengan sebuah gol di menit-menit akhir. Pergantian pemain kembali menjadi kunci kemenangan the Three Lions.

Berikut adalah rincian perjalanan Inggris:

Juara Grup C
Serbia 0-1 Inggris
Denmark 1-1 Inggris
Inggris 0-0 Slovenia

Babak 16 besar
Inggris 2-1 Slovakia

Babak 8 Besar
Inggris 1-1 Swiss (Pen. 5-3)

Babak Semifinal
Belanda 1-2 Inggris

Profil Pelatih Inggris: Gareth Southgate

Southgate sudah sangat lama menangani tim nasional Inggris. Ia sudah menduduki posisi tersebut sejak 27 September 2016 atau hampir delapan tahun lalu.

Kepemimpinan Southgate memang kerap dikritik. Namun, dia membuktikan dengan berhasil membawa Inggris mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan menjadi runner-up Euro 2020.

Pemain Bintang Inggris: Jude Bellingham

Ia berkontribusi pada trofi Supercopa de Espana, La Liga, dan Liga Champions.

Bellingham juga memberikan kontribusi yang luar biasa dengan menciptakan 23 gol dan 11 assist dalam 42 pertandingan bersama Real Madrid di semua ajang.

Keberhasilan membawa Inggris juara akan membuatnya sangat layak dijagokan meraih trofi Ballon d’Or.

Perjalanan Spanyol menuju Final Euro 2024

Spanyol adalah tim terbaik di Euro 2024 sejauh ini. Mereka menyapu bersih semua pertandingan hingga ke final, yakni enam kali menang, mencetak 13 gol, dan hanya kebobolan 3 kali.

Kualitas skuad Spanyol tidak perlu dipertanyakan lagi. Mereka juga memiliki pemain-pemain terbaik di setiap lini. Bahkan, Spanyol memiliki pemain muda berbakat yang menjadi fenomena besar di Euro 2024 sejauh ini: Lamine Yamal.

Berbeda dengan Inggris, Spanyol sangat meyakinkan hingga ke final. Berikut adalah rincian perjalanan Spanyol:

Juara Grup B

Spanyol 3-0 Kroasia
Spanyol 1-0 Italia
Albania 0-1 Spanyol

Babak 16 besar
Spanyol 4-1 Georgia

Babak 8 Besar
Spanyol 2-1 Jerman

Babak Semifinal
Spanyol 2-1 Prancis

Profil Pelatih Spanyol: Luis de la Fuente

Luis de la Fuente memiliki rekam jejak kepelatihan yang panjang. Ia pertama kali menjadi pelatih pada tahun 1997.

Ia pernah melatih Sevilla (usia muda), Athletic Bilbao dan Alaves. Setelah itu Luis dipercaya menangani tim nasional Spanyol di kelompok umur.

Luis dipercaya menangani tim U-19, U-21 dan U-23. Pada Desember 2022, ia dipercaya naik pangkat menangani tim senior Spanyol.

Luis ditunjuk menjadi pengganti Luis Enrique. Hal ini cukup beralasan mengingat ia pernah membawa Spanyol U-15 U-19 juara Euro U-15 tahun 2015, lalu tim U-21 juara Euro U-21 tahun 2018, dan membawa tim U-23 meraih medali perak di Olimpiade 2020.

Pemain Bintang Spanyol: Lamine Yamal

Skuad Spanyol diisi oleh banyak pemain bintang di berbagai lini. Namun satu nama tentu layak dikedepankan, yaitu bintang muda Barcelona, Lamine Yamal.

Saat ini usianya masih 16 tahun. Tapi dia sudah menjadi andalan Barcelona.

Di usianya yang masih belia, dia sudah mencatatkan 51 penampilan bersama Barcelona.

Yamal juga sudah dipanggil ke Timnas Spanyol sejak September 2023 kemarin.

Yamal sendiri sudah sering mencatatkan rekor. Diantaranya adalah menjadi pemain termuda yang bermain di skuat Barcelona, memecahkan rekor Ansu Fati.

Ia juga menjadi starter termuda dan pencetak gol termuda untuk timnas Spanyol.

Jadwal Final Euro 2024

Spanyol vs Inggris

Olympiastadion, Berlin
Senin, 15 Juli 2024
PUKUL 02.00 WIB
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: Vision+
Link streaming: https://www.visionplus.id/