5 Tempat Makan yang Harganya Terlalu Mahal, Viral di Medsos Tempat makan yang harga makanannya terlalu mahal
Dari catatan detikFood, berikut tempat-tempat yang disebut-sebut memiliki harga makanan yang kelewat mahal:

5 Tempat Makan yang Harganya Terlalu Mahal, Viral di Medsos

1. Makan di Kawasan Wisata

Seorang pria menceritakan pengalamannya makan di sebuah rumah makan di kawasan wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat.

Mereka juga memesan menu lain, seperti karedok, jengkol, ikan asin lengkap dengan minumannya. Menu-menu sederhana tersebut totalnya mencapai Rp 915.000. Melihat total tersebut, ia merasa pihak restoran mematok harga.

Momen tersebut juga dibagikan oleh kanal YouTube Mang Dragon TV pada (09/01/2021). Video tersebut menjadi viral dan banyak ditanggapi warganet, setelah dibagikan ulang oleh akun Instagram @wisatapangalengan (10/01/2021).

Klasifikasi Restoran

Pemilik rumah makan juga telah memberikan klarifikasinya, melalui postingan Facebook Abahnazeni yang dibagikan di Grup Pangalengan Lembur Kuring.

Menurut pihak rumah makan, ada kemungkinan Rudiman memesannya melalui jasa calo dan tidak langsung ke rumah makan sehingga harganya mahal.

“Kang Arip membelinya dari pedagang. Kami membukanya sesuai dengan standar makanan warung nasi di Situ Cileunca. Harganya Rp 25.000 per porsi,” katanya.

Pemilik rumah makan juga mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi wisatawan untuk memberikan klarifikasi secara langsung.

Karena kasus ini, Abahnazeni memutuskan untuk menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan masalah ini. Menurutnya, masalah ini bukan kesalahan pihak warung makan, melainkan para turis yang memesan makanan melalui calo.

2. Makan di Tempat Istirahat

Seorang wanita bernama Nila Latarissa membagikan pengalamannya di akun TikTok miliknya. Dalam video tersebut, ia membagikan foto struk makanan dari salah satu restoran di rest area pada tanggal 05/07/2022.

Dalam video tersebut, ia membagikan foto struk makanan dari salah satu restoran di rest area.

Mereka memesan beberapa porsi makanan, seperti nasi gulai kikil, ayam goreng, soto daging, nasi kembung ikan, dan soto Kudus.

Harga makanan yang mereka pesan dibanderol mulai dari Rp 10.000 – Rp 45.000 per porsi. Jika ditotal, ia harus mengeluarkan uang sebesar Rp 495.000 untuk makan di restoran rest area tersebut.

Menurutnya, pihak restoran melakukan permainan harga, karena harga tersebut dinilai terlalu tinggi.

3. Nasi Padang di Bandara

Harga nasi padang yang dianggap mahal juga ditemukan di Singapura. Salah seorang netizen bernama Udaya yang kecewa, membagikan pengalamannya menyantap nasi padang di Jewel Changi Airport, Singapura.

Dari struk yang dibagikan, diketahui ia mengunjungi gerai Padang Delicious di food court di Jewel Changi Airport pada 28/04/2023.
Ia memilih nasi putih dengan lauk ayam goreng, ikan bilis, tumis pare dan kacang panjang. Saat melihat struk pembayaran ia terkejut, karena untuk seporsi nasi padang ia harus membayar SGD 13 atau sekitar Rp 156 ribu (kurs 12.000 per 11/07/2024).

Dari ceritanya, ia hanya diarahkan untuk memesan dan memilih lauk pauknya. Ia mengaku pegawai di gerai di sana sama sekali tidak memberikan informasi harga.

4. Nasi Padang di Taman Safari

Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua, Bogor, dikenal sebagai destinasi wisata keluarga saat liburan. Tidak hanya untuk melihat dan berinteraksi dengan satwa, di sana juga terdapat banyak penjaja makanan.

Namun, seorang pengunjung terkejut karena ada nasi Padang yang harganya mencapai Rp 120.000. Alasan seporsi nasi padang memiliki harga selangit, karena setiap lauk dan komponennya dihitung dengan satuan.

Misalnya, tambahan sayur singkong dan sambal ijo masing-masing dihargai Rp 8.000. Ada juga sayur nangka yang dibanderol dengan harga Rp 15.000 per sendok.

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti siapa yang memposting foto tersebut dan kapan peristiwa itu terjadi.

5. Makan Mie Instan di Sebuah Kafe

Seorang pengguna Facebook bernama Derrel Surbakti, juga membagikan tagihan setelah ia makan di sebuah kafe. Saat itu, ia makan di sebuah kafe bernama Poesaka Boenda, Siosa, Sumatera Utara pada tanggal 06/07/2023.

Melalui akun Facebooknya, ia mengatakan memesan 3 gelas kopi susus aren, 2 es jeruk, 4 nasi goreng dan 1 mie instan telur goreng dengan harga Rp 25.000.

Setelah ditotal dengan PPN dan service charge, ia menerima tagihan sebesar Rp 419.210. Unggahan Derrel ini langsung menjadi viral dan ramai ditanggapi warganet.

Banyak netizen yang setuju, jika untuk menu sederhana seperti itu harganya terlalu mahal.

“Service charge-nya sangat menambah beban menurut saya. Sudah bayar service charge belum tentu pelayanannya bagus, kadang malah ngomel-ngomel,” tulis salah satu netizen.