Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas Makanan pedas memang memiliki sensasi rasa yang berbeda dibandingkan dengan makanan biasa lainnya. Mungkin bagi para pecinta makanan pedas justru makanan pedas membuat ketagihan dan menambah nafsu makan. Bahkan akan terasa seperti ada yang kurang jika makanan yang disantap kurang pedas. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak menyukai pedas namun terpaksa atau tidak sengaja memakan makanan pedas?

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas

Mungkin Toppers termasuk salah satu orang yang tidak tahan dengan makanan pedas atau pernah merasakan mulut terbakar karena makan makanan pedas? Perlu diketahui bahwa rasa pedas disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicinoid yang terkandung dalam cabai, sehingga menimbulkan sensasi terbakar. Oleh karena itu, semua makanan pedas umumnya menggunakan cabai sebagai bumbu utamanya. Mulai dari cabai merah, cabai rawit, cabai hijau dan jenis cabai lainnya.

Beberapa orang biasanya mengatasi rasa pedas dengan minum air putih. Tapi, ternyata minum air putih saja tidak cukup untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Karena makanan pedas mengandung banyak minyak, jika diatasi dengan minum air putih saja kemungkinannya kecil, karena air dan minyak tidak bisa menyatu.

Bagi Anda yang sering menjadi korban dari makanan pedas ini, kini tak perlu menghindarinya lagi karena Toped akan membagikan beberapa cara untuk menghilangkan sensasi terbakar akibat kepedasan. Apa sajakah itu? Yuk, kita intip satu per satu.

Air gula

Karena air putih saja tidak cukup untuk menghilangkan rasa pedas, Anda bisa menambahkan gula ke dalam air putih. Campuran air gula ini dapat menghilangkan rasa pedas dan meredakan rasa panas di mulut. Anda juga bisa menghilangkan rasa pedas dengan menggunakan gula saja. Caranya adalah dengan menaburkan gula pada lidah, lalu diamkan selama 30 detik.

Susu

Susu dikenal mampu mengalahkan rasa pedas. Kandungan lemak pada susu dapat menetralisir rasa pedas di mulut. Untuk itu, jika Anda kepedasan, minumlah segelas susu untuk menghilangkannya. Selain minum susu, produk yang memiliki kandungan susu seperti yogurt atau keju juga dapat menjadi penolong Anda dari rasa pedas di mulut.

Nasi atau roti

Saat kepedasan, makanlah beberapa sendok nasi atau roti karena, kedua makanan ini mengandung glukosa, sama seperti kandungan dalam gula yang diketahui dapat melawan senyawa capsaicinoid penyebab rasa pedas ini. Sangat mudah, bukan?

Minuman asam

Teh lemon akan menyegarkan dan menghilangkan dahaga Anda.

Minuman yang mengandung rasa asam, selain menyegarkan juga bisa Anda jadikan pilihan untuk menetralisir rasa pedas. Pilihlah minuman yang mengandung lemon atau jeruk untuk membantu menghilangkan rasa pedas di mulut.

Minyak sayur

Minyak memang terdengar aneh tapi, bukan untuk diminum, melainkan digunakan sebagai ‘makanan penutup’ setelah Anda menyantap makanan pedas. Akan lebih baik jika minyak tersebut disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat menghilangkan rasa pedas ini karena kandungan lemaknya dapat mengangkat rasa pedas di mulut. Selain kacang, Anda juga bisa menggantinya dengan selai kacang.

Jus buah

Toppers pernah merasa pusing di kepala setelah makan makanan pedas? Itu artinya kamu mengalami dehidrasi karena kepedasan. Untuk itu, atasi dengan minum jus buah, selain menyegarkan dan menghilangkan rasa pedas di mulut, jus buah dipercaya mampu menghilangkan rasa pusing di kepala akibat makanan pedas ini.