Profil Tim dan Daftar Pemain Skotlandia untuk Euro 2024 Timnas Skotlandia dianggap sebagai tim kuda hitam di Euro 2024. Timnas Skotlandia akan bertemu Hungaria pada matchday ketiga Euro 2024 Grup A, Senin, 24 Juni 2024.

Sementara di laga kedua, Skotlandia bermain imbang 1-1 melawan Swiss.

Profil Tim dan Daftar Pemain Skotlandia untuk Euro 2024

Euro 2024 merupakan kali keempat timnas Skotlandia lolos ke turnamen antar negara elit Eropa ini. Namun, catatan mereka di turnamen ini tidaklah apik.

Dari tiga kali keikutsertaannya, Skotlandia hanya bermain di fase grup. Pada Euro 2020 kemarin, mereka harus rela jadi juru kunci grup D setelah meraih satu hasil imbang dan dua kali kalah.

Tapi di Euro 2024 nanti, Skotlandia siap tampil beda. Memiliki materi pemain yang jauh lebih matang jika dibandingkan dengan Euro 2020 kemarin, pasukan Steve Clarke siap mengguncang gelaran elit ini.

Meski mendapatkan lawan-lawan yang kuat, namun Scott McTominay dkk akan berusaha mencetak sejarah dengan setidaknya mereka mencoba lolos ke fase gugur di turnamen ini.

Pemain Bintang Andy Robertson

Karena itulah dia dipercaya sebagai sosok kapten The Tartans Army di Euro 2024 nanti.

Sebagai pemain bertahan, Robertson dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik di EPL. Ia mampu membantu serangan dengan baik, di mana ia memiliki umpan-umpan silang yang akurat, dan ia juga memiliki kemampuan bertahan yang baik. Ia akan menjadi otak pertahanan Skotlandia di Euro 2024.

Profil Pelatih: Steve Clarke

Pada Euro 2024 ini, timnas Skotlandia akan kembali dikomandoi oleh Steve Clarke.

Clarke sudah memasuki tahun kelimanya sebagai manajer timnas Skotlandia. Mantan asisten pelatih Chelsea ini sudah mempersembahkan satu trofi juara untuk The Tartans Army, yakni trofi UEFA Nations Leagues B.

Pada Piala Dunia 2022 kemarin, Clarke mampu membawa Timnas Skotlandia melaju sampai babak playoff.

Di babak kualifikasi Euro 2024 ini, Clarke mampu membawa timnas Skotlandia lolos ke putaran final. Menarik untuk ditunggu bagaimana racikan taktik Clarke di turnamen ini.

Skuat Final Timnas Skotlandia

Penjaga gawang: Angus Gunn (Norwich City), Liam Kelly (Motherwell), Zander Clark (Heart of Midlothian)

Pemain Bek Anthony Ralston (Celtic), Andrew Robertson (Liverpool), Grant Hanley (Norwich City), Kieran Tierney (Arsenal), Jack Hendry (Al-Ettifaq), Ryan Porteous (Watford), Liam Cooper (Leeds United), Ross McCrorie (Bristol City), Greg Taylor (Celtic), Scott Mckenna (FC Copenhagen)

Player Gelandang: Scott McTominay (Manchester United), John McGinn (Aston Villa), Callum McGregor (Celtic), Ryan Christie (Bournemotuh), Billy Gilmour (Brighton & Hove Albion), Stuart Armstrong (Southampton), Ryan Jack (Rangers), Kenny McLean (Norwich City)

Pemain Penyerang: Lawrence Shankland (Heart of Midlothian), Che Adams (Southampton), Lewis Morgan (New York Red Bulls), Tommy Conway (Bristol City), James Forrest (Celtic)

Pelatih Steve Clarke

Jadwal Pertandingan Timnas Skotlandia di Euro 2024

15 Juni 2024
02.00 WIB Jerman vs Skotlandia (Allianz Arena)

20 Juni 2024
02.00 WIB Skotlandia vs Swiss (RheinEnergieStadion)

24 Juni 2024
02.00 WIB Skotlandia vs Hungaria (MHPArena)