Hasil Pertandingan Euro 2024 Belanda vs Prancis: Skor 0-0 Prancis dipaksa bermain imbang tanpa gol (0-0) oleh Belanda dalam duel matchday kedua Grup D Euro 2024, Sabtu (22/6). Pertandingan sengit selama 90 menit tak mampu menemukan pemenang.

Hasil Pertandingan Euro 2024 Belanda vs Prancis: Skor 0-0

Big Match kedua di fase grup Piala Eropa 2024 kali ini dimainkan di Stadion Leipzig. Sejak awal, pertandingan sudah diprediksi akan berlangsung ketat. Tim yang menang bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Meski begitu, kedua tim tampak bermain ekstra hati-hati agar tidak kalah. Prancis lebih banyak mengancam dengan total 15 kali percobaan tembakan. Sedangkan Belanda lebih banyak bertahan, meski sesekali juga mengancam.

Belanda di puncak klasemen, Prancis di posisi kedua, sama-sama mengoleksi 4 poin.

Babak pertama

Pertandingan langsung dimulai dengan tempo tinggi. Pada menit pertama, Frimpong mengejutkan para pemain belakang Prancis dengan pergerakannya. 10 menit pertama berjalan dengan baik.

Prancis masih lebih banyak menyerang hingga 20 menit pertandingan berjalan, namun Belanda bukannya tanpa perlawanan. Pada menit ke-16, Gakpo melepaskan tendangan melengkung ke pojok kanan gawang, namun Maignan berhasil menepis bola dengan baik.

Pada menit ke-28, giliran Prancis yang mendapatkan peluang bagus. Thuram menerima umpan terobosan dari Kounde, lolos dari jebakan offside. Sayangnya, tendangan Thuram masih melambung, belum maksimal.

Sisa 10 menit babak pertama berjalan dengan cepat. Kedua tim bermain terbuka, namun tetap berhati-hati agar tidak kebobolan lebih dulu. Skor tetap bertahan 0-0.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Prancis kembali menguasai bola. Sepuluh menit laga berjalan cepat. Menit ke-63, umpan lambung Dembele masih belum bisa disambar Tchouameni dengan akurat.

Prancis masih gigit jari karena belum bisa mencetak gol. Menit ke-65, tendangan Griezmann masih bisa dihentikan Verbruggen. Didier Deschamps harus merespons.

Menit ke-69, Belanda nyaris mengejutkan Prancis. Simons sempat menjebol gawang Maignan dengan tendangan melengkung ke pojok kanan gawang. Namun, gol tersebut dianulir karena Dumfries menghalangi pergerakan Maignan dan berada dalam posisi offside. Skor pun tetap bertahan 0-0.

Kedua pelatih merespons dengan melakukan beberapa pergantian pemain di pertengahan babak kedua. Tempo pertandingan dengan cepat menurun. Belanda sesekali menyerang, namun tidak ada ancaman yang berbahaya.

Tambahan waktu 6 menit tidak cukup untuk mengubah papan skor. Belanda dan Prancis harus berbagi angka dengan skor akhir 0-0.

Statistik pertandingan Belanda vs Prancis

Tembakan: 8 – 15
Tembakan tepat sasaran: 4 – 3
Penguasaan bola: 37% – 63%
Operan 397 – 658
Akurasi operan: 88% – 92
Pelanggaran: 13 – 8
Kartu kuning: 1 – 0
Kartu merah: 0 – 0
Offside: 4 – 0
Tendangan sudut: 3 – 6

Susunan pemain

BELANDA (4-2-3-1): Verbruggen; Ake, Van Dijk, De Vrij, Dumfries; Reijnders, Schouten; Gakpo, Frimpong, Simons; Depay

Pelatih Ronald Koeman

Pemain PRANCIS (4-3-3): Maignan; Theo, Saliba, Upamecano, Kounde; Tchouameni, Rabiot, Kante; Thuram, Dembele, Griezmann

Pelatih Didier Deschamps